Seperti janji saya tadi pagi, ini dia The Simple Chocolate Cake Recipe, tapi please tunggu dingin baru di beri frosting ya, kemarin saya buatnya express, jadi cakenya terbelah dua..(nasib kalo diberi deadline):

Waktu yang dibutuhkan dari masuk dapur sampe keluar sekitar 50 menit, bulatin 1 jam ya..

Bahan-bahan:

Bahan Kering:

2 cups gula pasir

1 3/4 cups tepung terigu

3/4 cup cocoa powder

1 1/2 tsp baking powder

1 1/2 tsp baking soda

1/2 tsp garam himalayan

Bahan Basah:

3 telur ayam kampung

1 cup air hangat dicampur 1 sdt kopi arabica organik

1 cup susu organik cair

1/2 cup minyak kelapa organik

2 tsp vanila bubuk organik

Chocolate Frosting:

180-200 gram dark chocolate untuk baking (no milk)

1/2 cup unsalted butter

2 tsp vanila bubuk organik

Cara Membuat:

1. Panaskan oven di suhu sekitar 180C atau sepanas memanggang pizza 45 menit atau cookies 10-12 menit matang.

2. Campur semua bahan kering di loyang, sisihkan

3. Mixer semua bahan basah di loyang (bisa menggunakan whisk) aduk hingga rata, sisihkan (tidak perlu di mixer lama, maksimal 2-3 menit karena telur tidak perlu mengembang).

4. Masukkan adonan kering ke adonan basah, sambil diaduk (saya menggunakan mixer dengan kecepatan rendah selama 1 menit).

5. Siapkan 2 loyang panggang bundar ukuran diameter 23cm/ cake pan yang sebelumnya sudah saya olesi minyak dan saya beri kertas minyak dibagian bawah agar mudah mengambil cake dan cake tetap menjadi rapi dan cantik.

6. Tuang adonan ke dua loyang (bagi rata).

7. Panggang cake selama 25-30 menit hingga tusuk gigi keluar bersih (ketika dites kematangan cake).

8. Matikan oven, keluarkan cake dan dinginkan selama 10 menit (jangan sekali-kali mengeluarkannya dari loyang ketika masih panas, tar kejadian seperti saya lhošŸ˜¦.

9. Buat Coklat Frosting: masak dengan cara di double boiler semua bahan frosting hingga menjadi cair kemudian biarkan hingga menjadi dingin (jangan khawatir, frosting ini nggak akan jadi beku seketika, karena ada butternya (asal jangan dimasukkanĀ  ke kulkas, karena akan langsung jadi solid).

10. Lapisi bagian atas cake dengan frosting, kemudian tumpuk dengan cake lainnya, dan beri frosting atasnya.

11. Sajikan dingin dengan menyimpannya di kulkas atau sajikan hangat.

resep cake coklat dengan coklat frosting

Note: Aku paling suka cold chocolate cake yg udah bermalam, tapi ternyata honey nggak pernah mau cold chocolate cake, kecuali itu Black Forest. Jadi mikir aku kenapa dia keukeuh banget nggak mau cold cake. Eh ternyata, Warm chocolate cake itu enak juga lho. Chocolate cake ini saya simpan selama 3-4 hari (bukannya jadi basi sih, tapi abis duluan!). Nah tuk honey, setiap mau makan cake, saya panasin dulu di oven, dan hasilnya, coklat yg udah soak in the cake n jadi mengeras, ketika dipanaskan jadi remelted n shiny n moist juga seperti fluffy… ah…baru tau padahal bikin cake chocolate dah tahunan..(kemana saja diriku selama ini??).

Selamat Mencoba!

Deasi

ps: I Love You all… ^^