Hari ini my mission is bikin dinner yang cepat tapi enak dan bisa di acc hubby biar masuk ke resep reguler🙂. Langsung ingat jaman-jaman masak Matar Paneer waktu blm jadi health food addict, hehe.. (tht’s 7 years ago!).

Matar Paneer adalah salah satu makanan favorit saya, iya sih, ini makanan India..tapi emang enak..hehe. Resep ini saya modifikasi nggak pake heavy whipping cream seperti resep tradisionalnya, dan nggak pake paneer (lagi malas bikin, yaa..gayanya orang malas mau enak! padahal super gampang termasuk vegan paneer).

Resep Matar Paneer
Ini dia resep tadi sore

Indian Matar Paneer
Bahan:
150-300 gram paneer atau feta cheese/keju feta potong dadu (krn ngirit saya biasanya pake 150gram aja)
300 gram kacang polong (tadi kacang polongnya kurang, jadi ditambahin kacang panjang potong kecil, wortel, jagung, semua totalnya sekitar 300gram, tapi kacang polongnya 200gram).
2 bawang bombay sedang dirajang
3 tomat matang ukuran sedang
1 sdm jahe segar diparut
2 sdm bawang putih diparut
1 sdm bubuk ketumbar
1 sdt jintan (biji bukan bubuk ya…)
1/8 sdt bubuk mustard kuning
1 sdm garam masala (di GMS ada, atau bisa dibeli di supermarket spt Giant, Carefour).
1/2 sdt kunyit bubuk
1 sdt cabe rawit bubuk
2 cabe hijau besar (dirajang dan keluarkan bijinya)
5 sdm santan kelapa kental
1 1/2 gelas air
6 sdm minyak sayur untuk menumis
garam himalayan secukupnya (di GMS juga ada)

Cara Memasak:
1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay hingga layu
2. Masukkan jahe dan bawang putih, tumis selama 1 menit
3. Masukkan cabe hijau dan tomat, tumis hingga tomat lembek
4. Di penggorengan terpisah, panaskan 1 sdm minyak, ketika minyak panas, masukkan biji jintan, dan tumis 30 detik atau hingga jintan meletup-letup (lompat-lompat, kepanasan kali ya..), langsung tambahkan mustard bubuk, aduk beberapa detik saja, matikan api, masukkan ke campuran bombay, dll.
5. Masukkan sisa bumbu, tumis sekitar 1 menit.
6. Masukkan kacang polong dan sayuran yang sudah disiapkan sebelumnya, tumis sekitar 2 menit
7. Masukkan santan kelapa kental, tumis selama 30 detik-1 menit hingga santan meresap.
8. Masukkan air matang, masak hingga sayuran matang dan sayur menjadi agak kental
9. Matikan api, masukkan paneer atau keju fetah, aduk hanya agar tercampur di sayur dan rasanya menyatu, hati-hati mengaduk sayur yg sudah ada keju fetanya, karena bisa hancur kejunya dan nggak mirip paneer lagi😉

Selamat menikmati..
InshaAllah kalo ada waktu lagi, saya sharing resep vegan paneer..

From yummy table (Ada sisa kopi organik brazil diatasnya)
Deasi😉