Cerita dari rangkaian Cerita Hijau BGM kali ini dari Mom Velly. Bunda satu ini belum lama menjadi member GMN tetapi sudah sehati🙂 jadi seperti ketemu jodoh deh..:-). Baca sharing mom Velly dari tentang perjalanan crafting produk alami dan sustainability ala beliau lewat wawancara yang dilakukan oleh Green Mommy ^_^.

Ceritakan sedikit tentang diri mom, ketika tidak sibuk dengan hobi homecrafter baru Anda (BGM)?
Hi Moms! Nama saya Velly dari Surabaya. Saya masih termasuk masih “hijau” dalam green living, bergabung Green Mommy juga baru April kemarin. Sebagai desainer grafis dan multimedia, kesibukan saya biasanya di depan monitor (yang juga
berjasa mempertemukan saya dengan Green Mommy). Walau terdengar membosankan, bagi saya cukup menantang, bahkan sering lupa waktu kalau sedang “tenggelam” dalam proyek. Diluar jam kerja, saya juga hobi mencoba berbagai macam kerajinan tangan.

Apa yang mengispirasi hidup mom?
Banyak sekali hal-hal dalam hidup saya yang bisa dijadikan inspirasi, rasanya nggak mungkin bisa disebutkan satu per satu. Secara umum, saya cenderung konservatif, menyukai hal-hal yang tradisional, alami dan original. Mungkin itu sebabnya saya
sering terobsesi dengan barang-barang handmade. Walau demikian saya juga menyukai perkembangan teknologi. Bisa dikatakan inspirasi hidup saya sekarang adalah menjaga keseimbangan, dalam segala aspek kehidupan, termasuk alam.

Apa arti cantik menurut mom?
Menurut saya, cantik mempunyai dua sisi. Cantik alami dari dalam, yang lebih dirasakan, walaupun tidak langsung terlihat, cepat atau lambat akan terpancar keluar; dan cantik fisik, yang berupa perspektif, seperti kata pepatah “beauty is in the eye of
the beholder”, tergantung siapa yang melihat. Intinya, semua orang cantik selama jadi diri sendiri dan dari dalam dirinya merasa cantik, nggak peduli standar atau kata orang, apalagi majalah. Kalo terinspirasi orang lain sah-sah aja sih, asal nggak
“menjadi” orang lain.

Apa arti sehat menurut mom?
Arti sehat adalah berfungsi dengan baik secara keseluruhan. Dulu menurut saya sehat hanya meliputi jiwa dan raga; bebas dari stres, sakit penyakit dan sebagainya. Tetapi sekarang saya jadi mulai melihat arti sehat dalam skala yang lebih besar. Kebiasaankebiasaan kecil yang kita lakukan bisa berdampak besar pada lingkungan, dan sebaliknya efek lingkungan berdampak besar pada kesehatan setiap individual. Jadi untuk dinyatakan sehat secara utuh, lingkungan hidup juga harus sehat.

Bagaimana misi GMN beserta produk GMSnya sejalan dengan kehidupan mom?
Sejak mengenal Green Mommy, saya merasa sejalan dengan misi GMN yang mempraktekkan, mengembangkan, dan mengajarkan pola hidup sehat yang ramah lingkungan; dan produknya yang memanfaatkan kekayaan alam. Saya merasa bangga menemukan komunitas hijau lokal seperti Green Mommy. Walaupun nggak jago IPA, saya percaya alam Indonesia punya banyak potensi asal dikembangkan dan dijaga kelestariannya.

Sebutkan produk Rainforest favorit Anda dan mengapa?
Produk Rainforest yang pertama kali saya coba adalah “Breeze Moisturizer” dan saya langsung jadi penggemar setia. Pelembabnya terasa nyaman di kulit saya yang cenderung berminyak. Selain wangi naturalnya yang saya suka, teksturnya juga
lembut dan cepat meresap di kulit. Pelembab ini jadi pelembab utama yang saya pakai setiap hari setelah “Herbal Vinegar Rinse”.

Apa motivasi mom bergabung di program BGM?
Sebelum saya jadi penggemar dan pemakai skincare Rainforest, saya sudah tertarik dengan konsep Green Mommy secara umum. Sejak mengenal skincare pun saya sudah menggemari produk alami dan hobi bereksperimen membuat produk perawatan sendiri. Jadi waktu saya pertama kali mendengar program BGM, saya merasa “ketemu jodoh”, cocok banget buat saya!

Apa produk alami pertama yang mom buat?
Produk alami pertama yang saya coba buat sendiri adalah masker wajah dari ketimun/bengkoang dan masker rambut dari minyak zaitun. Gampang banget mungkin ga bisa dihitung sebagai “produk”, tapi namanya juga pertama kali.

Apa cita-cita kedepan mom bersama program BGM?
Untuk jangka pendek saya ingin belajar & membuat produk sehari-hari yang ramah lingkungan untuk pemakaian pribadi dan keluarga. Untuk jangka panjang, saya punya cita-cita membuat komunitas jual beli online khusus home industri yang memanfaatkan bahan-bahan lokal dan alami. Tujuannya untuk memudahkan masyarakat umum mencari dan membeli produk lokal yang aman dan berkualitas, yang sekarang menurut saya masih kurang efisien dibandingkan membeli produk komersil. Melalui program BGM, saya berharap bisa bertemu pengusaha-pengusaha home industri yang ramah lingkungan.

Apa produk alami favorit yang sudah mom buat?
Produk favorit saya selalu berubah-ubah tergantung mood dan kebutuhan. Obsesi terbaru sekarang sekarang adalah bereksperimen membuat shampoo alami untuk rambut saya yang sulit diatur (kulit kepala berminyak, tetapi ujung rambut kering).

Kapan mom merasa tenang dan bahagia setelah melewati hari yang menantang sebagai istri, ibu, dll? Apa yang mom lakukan agar merasa tenang dan bahagia?
Karena belum jadi ibu atau istri, tantangan paling sering datang dari pekerjaan, biasanya kalau sedang dikejar banyak deadline yang berdekatan, kadang-kadang sampai harus begadang. Kalau sampai sumpek biasanya saya pindah meja kerja, cari
suasana baru. Kalau masih ga berhasil, akhirnya saya tinggal istirahat dulu, biasanya dengan main binatang peliharaan karena saya pecinta binatang. Kalau kepala udah enteng baru balik lagi kerja lagi.

Nasihat terbaik yang bisa mom berikan untuk sesama wanita Indonesia yang ingin memulai bisnis rumahan?
Untuk wanita Indonesia yang ingin memulai bisnis rumahan, kalau ingin memulai usaha sendiri, tujuan utamanya jangan uang. Loh, namanya saja bisnis, kok tujuannya bukan uang? Nah, ini kalau menurut saya, lebih baik fokus dengan bisnis yang
dikerjakan daripada uang yang dihasilkan. Cari dulu bidang yang digemari, kemudian ditekuni, kemungkinan besar waktu kerjanya nggak kerasa kayak kerja, tapi mendalami hobi. Produk yang dihasilkan juga berpotensi untuk jadi lebih inovatif dan
berkualitas, karena kerjanya lebih semangat, nggak terpaksa. Bisnis rumahan juga nggak harus terikat dalam satu bidang, seperti hobi, binsis itu nggak ada batasnya. Jangan takut mencoba hal yang baru, trial & error itu bagian dari proses, banyak hal
besar mulainya juga dari yang kecil.

Apa tantangan terbesar dalam menjalani hidup yang lebih sehat, alami dan berkelanjutan?
Tantangan terbesar saya dalam menjalani hidup sehat dan berkelanjutan saat ini terus terang adalah lingkungan hidup saya sendiri. Sebagai newbie dalam green living, saya sejak kecil sudah terbiasa menjalani pola hidup yang tanpa sadar secara langsung atau tidak, ikut merusak alam, karena hanya itu gaya hidup yang saya tau dan saya anggap normal. Masih banyak kebiasaan yang harus saya rubah, dan banyak hal baru yang harus dipelajari. Memang ga selalu mudah, tetapi saya mulai dari yang mudah dan sehari-hari dulu, dan berkembang dari situ, apalagi sekarang semakin banyak sumber, yang dari mana saya bisa banyak belajar, termasuk Green Mommy 

Karena resep BGM yang saya punya belum memadai peralatannya, ini foto terbaru bersama kreasi terakhir yang saya buat, kantong teh celup dari kain muslin/belacu yang bisa dicuci dan dipakai berulang-ulang. Cerita awalnya gara-gara iseng membaca artikel online (sumber lupa dari mana) mengenai rumor bahaya penggunaan kantong teh karena pembuatannya memakai bahan kimia yang beresiko tinggi bisa terminum bersama teh. Sebagai peminum teh, jadi terpikir membuat kantong sendiri biar aman. Setelah google sebentar, eh ternyata sudah banyak orang yang punya ide yang sama, malah ada yang menyediakan tutorial online. Cara pembuatannya mudah, saya temukan di blog ini: http://lillyella.blogspot.com/2009/05/crafting-reusable-teabags_19.html

Membuat kantong teh sendiri

Sampai berjumpa dicerita Bee Green Mommies berikutnya dan pastikan teman-teman wanita lainnya ikutan juga ya.. :-)