Cerita Hijau adalah seri cerita dari sahabat wanita Green Mommy dalam rangkaian program “Jadikan Cerita Hijaumu Menginsipirasi Orang Lain” yang tidak saja menginspirasi tetapi juga memberdayakan wanita Indonesia untuk mengambil langkah nyata & berjalin bersama menuju keberlanjutan. Kali ini, cerita hijau DEx berasal dari Mom Lilis Alie yang menjadi DEx GMS Pontianak. Yuk kita simak ceritanya lewat interview oleh Green Mommy

Mom Lilis adalah salah satu DEx GMS yang memiliki full time job tetapi karena kepeduliannya dengan Alam menjadikan beliau tidak menyerah dengan kesibukannya dalam mengambil langkah nyata untuk hidup yang berkelanjutan dengan menjadi DEx GMS dan ikutan Program Bee Green Mommy “Dream Green Dari Rumah”. Anda bisa menghubungi mommy satu ini di http://www.lapak-hijau.blogspot.com/

Ceritakan awal mula ketertarikan mom terhadap GMS/GMN?

Saya berasal dari lingkungan yang tidak terlalu perduli dengan alam dan lingkungan. Setelah besar dan harus mencari nafkah, sayapun bekerja di perusahaan perusak alam yaitu logging dan perusahaan sawit.

Awalnya saya tidak menyadari dampak dari kegiatan usaha perusahaan tempat saya bekerja. Setelah internet menjadi barang sehari-hari, semakin banyak informasi tentang penyebab kerusakan alam yang bisa saya dapatkan. Saya merasa ngeri akan masa depan bumi dan menjadi merasa bersalah. Saya berkeinginan suatu saat akan berbuat sesuatu untuk pelestarian alam.

Saya berganti haluan membuka kantor konsultan pajak dan berusaha menjalani hidup yang ramah kepada bumi, mulai dari mengganti pembalut sekali pakai dengan pembalut kain yang bisa dicuci dan dipakai ulang, mengganti kertas tisu dengan sapu tangan kain, kapas pembersih dengan kain wash lap, membawa wadah sendiri jika membeli makanan untuk dibawa pulang serta membawa kantong belanjaan sendiri. Resolusi terkini, sejak awal tahun 2012 saya bertekad menerapkan pola makan vegetarian / vegan.

Dari pengalaman sehari-hari yang kesulitan mencari produk alami di pasaran, kalaupun ada, saya harus mencari di supplier yang terpencar-pencar, terbersitlah ide untuk membuka toko yang menjual produk alami. Seandainya ada supermarket yang hanya khusus menjual produk ramah lingkungan dan lengkap serta harga terjangkau, pasti akan lebih banyak orang yang sadar dan mau menerapkan gaya hidup yang alami.

Dari hasil searching di internet saya ketemu Green Mommy Shop yang ternyata sudah memulai duluan dan filosofinya cocok dengan cita-cita saya. Tanpa ragu saya segera menelpon Mba Deasi dan langsung bergabung menjadi salah satu Distributor Eksklusifnya.

Mengapa mom memilih untuk menjadi DEx GMS?

Saya jatuh cinta dengan gaya hidup dan filosofi mba Deasi sekeluarga. Bagaimana satu unit ekonomi tidak hanya mementingkan keuntungan semata tetapi juga mempertimbangkan masalah sustainability, keberlangsungan hidup yang selaras antara manusia, tumbuhan, binatang dan bumi seisinya. Satu lagi tambahan yaitu prinsip fair trade, tidak mengambil keuntungan yang berlebihan, namun wajar.

Sangat beruntung orang yang memutuskan memakai produk GMS, karena dengan kualitas bahan yang dipakai, harga produk sudah termasuk sangat valuable.

Distributor Green Mommy Shop
Mom Lilis & Produk GMS di pameran

Apa cita-cita Hijau Anda/rencana jangka panjang bersama GMS?

Saya bercita-cita memproduksi sendiri untuk mengurangi carbon foot print, mengurangi sampah kemasan paket pengiriman, menekan harga jual dengan meminimalkan biaya kirim dan menerapkan sistem refill. GMS dengan program Bee Green Mommynya, dimana setiap orang berhak mendapatkan resep serta diajarkan cara pembuatannya memang tidak boleh dilewatkan.

What’s the best thing yang pernah atau seringkaliterjadi pada mom kaitannya dengan menjadi DEx?

Saya bertemu dengan teman-teman Dex dan customer yang luar biasa, mempunyai keperdulian yang tinggi. Pada saat mood drop (tidak gampang, loh, menyadarkan orang untuk mencintai diri sendiri dan lingkungan), dengan mendengar komentar mereka, membuat saya tidak merasa sendirian dan menjadi semangat lagi. Dan saya senang sekali mendengar para customer yang terbantu masalahnya setelah memakai produk GMS.

Siapa atau apa penginspirasi terbesar mom?

Jangan diketawain ya, setiap saya melihat mata orang hutan (suka di-posting oleh teman-teman aktivis dan mewakili korban pembabatan hutan), saya terpacu untuk berbuat lebih banyak lagi untuk bumi. Matanya seperti makhluk tak berdaya yang sedang meminta pertolongan.

Apa Produk Rainforest favorit mom pribadi?

Coconut Deodorant, adalah the best product yang saya temukan di pasaran. Nyaman dipakai, harum dan tahan lama.

Apa produk favorit/best selling DEx mom?

Aging gracefully cream, coconut deodorant, sunscreen

Apa tips kecantikan favorit mom?

Saya termasuk korban pemakaian kosmetik yang keras dan menyebabkan kulit tipis, sensitif dan penuaan dini. Kondisi kulit saya berangsur baik, masalah ketombe, bau badan, kulit sensitif bisa sembuh dengan memakai produk berbahan alami. Tips saya, pilihlah sebisa mungkin produk alami, baik itu kosmetik maupun makanan, jangan salah persepsi dengan anggapan kosmetik dengan research bahan kimia itu lebih canggih dan mumpuni.

Peserta Bee Green Mommy

What makes you feel Green?

Mengurangi sebanyak mungkin penggunaan sampah plastik dan mengurangi sifat konsumtif (membeli melebihi yang dibutuhkan).

Apa yang membuat mom merasa cantik?

Saat tersenyum, tidur cukup, pikiran positif, pakai eyeliner dan lipstik tipis, dan saat memakai anting-anting saya merasa feminin J (jarang sekali pakainya).

Apa arti kecantikan bagi mom?

Secara fisik, Cantik itu enak dilihat, bersih, sehat, kelihatan bahagia dan tidak dandan berlebihan. Secara psikis wanita cantik itu berwawasan luas dan punya selera humor.

Bagaimana misi Green Mommy Network/Shopcocok dengan gaya hidup mom?

Semuanya cocok, gaya hidup hemat, sehat dan alami. Satu lagi, selalu belajar dan itu berlaku seumur hidup, menemukan dan melakukan hal-hal baru membuat hidup berwarna.

Mohon berikan tips untuk mommies lainnya yang ingin memulai bisnis hijau.

Jika hati tidak ingin maka di situ ada seribu alasan, jika hati ingin dia akan menemukan seribu jalan. Pertama yang harus ada dan terpenting adalah mempunyai motivasi yang kuat, memakai produk untuk diri sendiri, memperkenalkan ke keluarga dan teman dekat dan terakhir berani untuk action.

Nasehat terbaik yang pernah Anda terima?

Pikiran itulah tempatnya, di sanalah surga bisa dijadikan neraka dan neraka bisa dibuat jadi surga. Yang penting bukanlah apa yang kita punya, tapi bagaimana kita mensyukurinya.

Apa pesan mom untuk teman-teman wanita lainnya?

Wanita berperan penting dalam melakukan perubahan, wanita mempunyai pengaruh besar dalam kehidupan keluarga, suami dan anak-anak. Jika sebagai ibu rumah tangga kita memulai gaya hidup alami dan hemat, niscaya seluruh anggota keluarga juga terpengaruh. Contohnya, ibu memutuskan memakai popok kain untuk adek balita, jika semua ibu melakukan hal yang sama maka dampaknya untuk seluruh dunia luar biasa. Pepatah Cina mengatakan “When woman wake up, mountain moved” (Jika wanita sudah memutuskan untuk bertindak, gunung pun bisa dipindahkan), begitulah saking besarnya pengaruh wanita.

Apa tantangan terbesar dalam hidup mom dan bagaimana cara melewatinya?

Tantangan terbesar adalah saat berpindah dari zona nyaman. Karir dan penghasilan yang aman membuat kaki susah melangkah. Memulai usaha hijau yang belum populer dan belum tahu masa depannya menimbulkan banyak keraguan, ditambah suara negatif dari orang terdekat, saat itulah kita perlu berkumpul dengan teman-teman semisi agar motivasi tetap kuat dan optimis. Jika saatnya tiba, saya bisa berbangga bahwa semasa hidup, saya berani hidup sesuai dengan kata hati, bukan kata orang lain.

Apa yang membuat Anda merasa tenang dan bahagia setelah melalui hari yang melelahkan?

Saat saya bisa berkomunikasi dengan belahan hati, yang mengerti pilihan hidup saya, yang mendengarkan dan tidak menghakimi. Karena saya memutuskan untuk tidak punya anak maka saya hanya bisa bermain bersama binatang peliharaan saya (Bleki, Milky, Melvin, Sing-sing, Junet). Dan terakhir, berbaring di tempat tidur pada saat lelah tapi pikiran tenang adalah surga.

******

Sharing cerita hijau Mom Lilis, kembali menginspirasi saya untuk lebih bersemangat agar memiliki hidup yang lebih berkelanjutan. Jika teman-teman ingin saling support agar green lifestyle kita menjadi lebih berkelanjutan, khusus teman-teman di Pontianak, yuk hubungi Mom Lilis di http://www.lapak-hijau.blogspot.com/

Jadi ingat hal-hal sederhana yang sangat berarti gara-gara baca interview ini ^_^,

Deasi Srihandi
“For Health, Beauty & Sustainability”

******

(Jika Anda tertarik untuk kami interview dan muat sebagai salah satu Cerita Hijau Kita baik sebagai peserta BGM, cerita hijau DEx atau cerita hijau apapun yang Anda alami/jalani, silahkan mengirimkan email ke ezinegreenmommy@gmail.com)