Sering saya dikomentari, “ya iyalah..mom Deasi emang dari sononya suka makan sayur dan buah…”Wah..itu kata-kata yang sangat tidak adil..saya milih nggak mau debat ahh…:-p Tapi saya mau bagi tips yang saya jalani sekeluarga tuk gimana bisa sukses beralih ke Vegetarian, trus ke Vegan trus ke Raw Food dan sekarang kita bouncing antara Vegan & Raw tapi sesekali nyicipi Vegetarian food happily ^_^

Cara Mudah beralih Makan Sehat Saja :

  1. Masukkan 1 makanan VVR (baca: pilih makanan Vegan, Vegetarian atau Raw) ke menu hari ini
  2. Dan tambahkan 1 makanan VVR dihari berikutnya (hingga menu 1 minggu ada 1 menu VVR setiap harinya).
  3. Tambahkan lagi 1 menu VVR di minggu berikutnya hingga setiap hari ada 2 makanan VVR
  4. Tambahkan lagi 1 menu VVR di minggu berikutnya hingga setiap hari ada 3 makanan VVR
  5. Ingin beralih 100% Vegetarian, atau Vegan saja? Atau bahkan Raw Food? Bunda tinggal meneruskan rencana peralihan ini, hingga menu harian terisi VVR saja🙂

Tips Sukses Menjalani Menu Makanan VVR: 

  1. Cari resep VVR di buku masakan, atau cari online, atau ikutan kursus Raw Food Green Mommy (ada banyak resep Raw food dan cara step by step beralih disana).
  2. Diawal beralih, pilihlah resep yang mudah misalnya resep slow cooker yang bisa dimakan 2 kali.
  3. Jika ada sisa makanan misal matangan buat jadi isi sandwich atau tambahkan sayuran mentahan tuk jadi salad cepat, bisa juga dibuat nasi goreng atau mie goreng, kalau sisa salad mentahan, bisa dibuat jadi green juice.
  4. Belanja ke pasar minimal 2 kali seminggu (agar bahan makanan terutama sayur dan buah selalu segar).
  5. Sediakan camilan sehat sepanjang waktu: goji berri, kismis, kacang-kacangan dan biji-bijian mentah, popcorn, hummus, buah-buahan ini kunci nggak gagal beralih, soalnya kalo lapar, ada pelampiasannya. Nggak usah pake repot nyiapin😉
  6. Buat Green Juice/smoothie dipagi hari, kemudian bagi 3 untuk dikonsumsi, pagi, siang, sore.

Berikut contoh Daftar Menu VVR Mingguan & Daftar Belanjanya

Menu Harian Vegetarian

Daftar Belanja Menu Vegetarian

Sekarang giliran teman-teman…
Bagaimana tips n trick beralih ke Makanan Sehat Vegetarian, Vegan bahkan Raw.
Saya mau tau juga..Please share below ya…:-)

Masak atau nggak masak yang sehat

Deasi

ps: Ingin menu planner dan shopping planner ini? Bunda bisa mendownload di Ezine Green Mommy edisi Juni 2013.

Untuk banyak informasi lainnya, yuk gabung di Green Mommy Network🙂 agar teman-teman bisa terus mendapatkan majalah elektronik bulanan, dan berbagai tips saya untuk hidup sehat, cantik alami & berkelanjutan dari rumah.