Tulisan ini saya rebloq dari Mom Ade Yulia, salah satu member Green Mommy Network yang suka menulis🙂

AYO MINUM SUSU..

Itulah jargon Gerakan Minum Susu Setiap Hari “Milkway Community”. Sebuah gerakan yang bagus, tapi mereka mengidentikkan minum susu hanya dengan susu sapi (seperti gambar di logo, ikon sapi, dan isi artikelnya). Padahal sekarang banyak ragam jenis susu di pasaran, dari susu sapi segar & instan, susu kambing, susu kedelai, dll. Tapi apa kalian sudah mengenal susu kacang? Jika belum, saya akan mengenalkannya pada anda..

Salah satu penunjang untuk memiliki tubuh yang kuat dan sehat adalah dengan rutin minum susu, kebetulan saya sudah mengkonsumsi susu kacang mete ini selama 2 bulan setelah tahu betapa sehatnya manfaat susu kacang ini, dan saya termasuk yang tidak mau mengkonsumsi susu sapi dan olahannya apalagi untuk bayi saya, ramai orang menanyakan bayinya dikasih sufor apa? karena bayi saya gendut dan orang-orang mengira bayi gendut identik dengan sufor, padahal saya tidak memberi bayi saya sufor hanya ASI saja dan setelah setahun ditambah susu kacang tanpa melepas ASI, kenapa?! Saya hanya tidak percaya sama susu sapi yang iklannya begitu bombastis dan begitu mudah mendapatkannya di setiap toko. Mereka tidak sadar apa yang mereka beli penuh dengan bahan kimia, pemanis buatan, pemutih, pengawet, pensteril, dll.. Lalu dimana letak sehatnya?! Belum lagi ditambah fakta tentang sistem peternakan sapi, yang sekarang dengan kemajuan teknologi peternakan 99% sapi betina termasuk sapi pedaging menjalani proses inseminasi buatan, kehamilan, dan persalinan. Wow.. Belum termasuk masalah sterilisasinya (sering ditemukan susu bercampur nanah), emisi karbon peternakan yang menjadi penyebab utama dalam Global Warming, eksploitasi sumber daya alam (lahan hutan dan pertanian berkurang berganti luasnya peternakan),  polusi air yang banyak berasal dari air limbah peternakan, dan fakta bahwa segala macam penyakit kanker dinegara maju mulai ditemui ketika konsumsi besar-besaran susu sapi dan olahannya. Hmm.. Masih percaya sehat minum susu sapi setiap hari?!

Sebelumnya saya mengkonsumsi susu kambing organik, setelah saya  mengetahui susu kacang ini saya pun mulai rutin mengkonsumsinya. Selain rasanya sangat enak (bayi saya sangat suka), juga steril karena saya buat sendiri, dan yang pasti karena manfaatnya yang banyak.. Yuk kita lihat terlebih dahulu manfaat kacang mete:

  1. Pencegahan Kanker. kacang mete merupakan sumber fitokimia dan antioksidan yang melindungi kita dari penyakit jantung dan kanker.
  2. Kesehatan Jantung. Kacang mete memiliki kandungan lemak lebih rendah daripada kebanyakan lainnya kacang kacangan dan sebagian besar adalah dalam bentuk asam oleat, yang sama lemak tak jenuhnya ditemukan di minyak zaitun. Kacang mete yang bebas kolesterol dan tinggi kandungan antioksidan membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner dan kardiovaskuler. Dan magnesium dalam kacang mete membantu menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah serangan jantung.
  3. Rambut dan Kesehatan Kulit. Kacang mete kaya akan mineral. Sebuah komponen penting untuk enzim, Onecopper-containing enzim, tirosinase, tirosin mengkonversi ke melanin, yang merupakan pigmen yang merawat rambut dan warna kulit.
  4. Kesehatan tulang. Mete sangat kaya akan magnesium, fakta yang terkenal bahwa kalsium diperlukan untuk tulang, tapi tulang perlu magnesium juga. Magnesium ini yang memberikan substansi dan fleksibilitas dalam tulang dan sendi.
  5. Baik untuk Saraf. Magnesium membantu mengurangi frekuensi serangan migrain, menurunkan tekanan darah dan membantu mencegah serangan jantung.
  6. Mencegah Batu empedu. Data yang dikumpulkan pada 80.718 perempuan dari Studi Nurses’Health menunjukkan bahwa perempuan yang makan setidaknya satu ons kacang setiap minggu, seperti kacang mete, memiliki risiko 25% lebih rendah untuk mengembangkan batu empedu.
  7. Menstabilkan Berat Badan. Orang yang mengkonsumsi kacang mete dua kali seminggu jauh lebih sedikit mengalami kenaikan berat badan daripada mereka yang jarang makan kacang mete. Kacang mete memang relatif tinggi lemak, tetapi dianggap “lemak baik.” Hal ini disebabkan oleh rasio lemak yang ideal sehingga mete mengandung lebih sedikit lemak daripada kacang yang paling populer lainnya, termasuk kacang tanah, kemiri, almond dan kenari.

Ok.. Sudah tahukan manfaat dari kacang mete, nah sekarang saya akan berbagi cara membuat susu kacang mete, ini dia resepnya..

SUSU KACANG METE

Bahan:
1 cup kacang mete
3 cup air
2 sdm madu
1 sdt kayu manis
¼ sdt garam laut

Cara Membuat:

  1. Haluskan kacang mete dan air dalam blender kecepatan tinggi. Saya memakai blender yang sudah ada filternya.
  2. Tambahkan bahan yang tersisa, blender lagi.
  3. Tuang kedalam gelas, siap diminum.

Catatan:

  • Jika menggunakan blender yang tanpa filter/saringannya, sebelum dituang ke gelas peras dahulu susu menggunakan saringan susu/santan.
  • Ampasnya bisa digunakan untuk bahan kue kacang.
  • Jika tidak habis, simpan susu dalam wadah tertutup ke dalam kulkas. Susu ini bisa tahan sampai 2 hari.

Sangat mudah kan?! Coba dech, dan rasakan sehatnya susu hand made..

*Sumber: Rawforvitality/facebook.com, Therawtarian.com, Greenmommyshop.wordpress.com

reblog dari : http://adeyuliawati.blogspot.com/2013/05/sehatnya-minum-susu.html