Cerita Hijau adalah seri cerita dari sahabat wanita Green Mommy dalam rangkaian program “Jadikan Cerita Hijaumu Menginsipirasi Orang Lain” yang tidak saja menginspirasi tetapi juga memberdayakan wanita Indonesia menuju keberlanjutan. Untuk kali pertama ini, cerita hijau DEx berasal dari Ibu muda bernama Challida N. Hikmarani yang menjadi DEx GMS Jogja. Yuk kita simak ceritanya lewat interview oleh Green Mommy

Cerita Perjalanan Hijau
Cerita Green Life Challida

Challida atau biasanya akrab dipanggil “Rani” adalah seorang ibu muda yang sibuk bekerja full time di Career Development Center and Alumni Relations di FISIPOL UGM, Co-Owner/Manager at Rumah Luki dan aktif sebagai member Green Mommy Network (GMN) sejak tahun 2010, kemudian menjadi DEx Green Mommy Shop Yogyakarta sejak tahun 2012, dan sekarang Rani melangkah lebih pasti menuju hidup yang berkelanjutan dengan bergabung di Program Bee Green Mommy “Dream Green Dari Rumah”, Anda bisa menghubungi mommy satu ini di https://www.facebook.com/GMS.Jogja

Nasehat paling berharga yang selalu diingat Rani “Be yourself and be the best of yourself!”

Ceritakan awal mula ketertarikan mom terhadap GMS/GMN?

Sejak jaman sekolah dulu saya sudah jatuh cinta pada Mother Earth dan apapun yang berhubungan dengan lingkungan. One thing leads to many, tahun 2007 saya bergabung dengan salah satu organisasi aktivis lingkungan di Jogja dan puncaknya tahun 2009 saya menyelesaikan tesis saya yang bertema penggunaan internet oleh aktivis lingkungan. Salah satu narasumber dan objek penelitian saya adalah milis greenlifestyle. Di milis inilah saya pertama kali berkenalan dengan Green Mommy Shop/Network.

Ketertarikan saya bermula dari betapa sulitnya menemukan produk perawatan tubuh yang sehat dan ramah lingkungan. Saya sudah mencoba beberapa merk impor tapi masih banyak keraguan menghantui. Sampai kemudian salah satu sharing dan penawaran Mbak Deasi di milis greenlifestyle membuat saya tanpa ragu ingin mencoba produk-produk GMS dan bahkan sekaligus menjadi mendaftar menjadi membernya di tahun 2010. Dan ketika akhirnya saya menjadi pengguna produk GMS, kekhawatiran saya terjawab sudah. Bukan hanya ramah lingkungan, tapi GMS juga sehat, halal, dan –salah satu pertimbangan utama untuk saya—merupakan produk lokal Indonesia.

Mengapa mom memilih untuk menjadi  DEx GMS?

Setelah menjadi member di akhir 2010 dan mulai rutin menggunakan produknya, saya mulai meyakinkan ibu dan adik-adik saya beralih menggunakan produk-produk GMS, yang manfaatnya bisa langsung kami rasakan. Pertengahan tahun 2011 saya mulai mengenalkan produk-produk GMS ke teman kantor, saudara dan beberapa kenalan. Saya berharap bisa mengajak mereka lebih dekat dengan gaya hidup ramah lingkungan dan di saat yang sama langsung menikmati manfaat produk-produk GMS bagi kesehatan dan kecantikan mereka. Ketika di akhir 2011 tawaran menjadi DEx semakin bertubi-tubi, saya merasa sangat gamang. Di satu sisi, saya menyadari manfaat dan potensi bisnis GMS, dengan semakin meningkatnya pemahaman akan kesehatan dan kondisi lingkungan hidup kita, produk ramah lingkungan dan bisnis pendukungnya akan terus berkembang ke depannya. Tapi di sisi lain saya tidak yakin bisa menjalankan bisnis ini. Beberapa alasannya adalah karena saat itu saya sedang hamil dan amat sangat ragu apakah di tahun 2012 dapat menjalankan bisnis dan di saat yang sama mengurus bayi, keluarga, juga bekerja di sebuah universitas. Tapi dukungan dari keluarga dan tentunya sesi-sesi konsultasi via e-mail bersama Mbak Deasi membulatkan tekad saya.

Apa cita-cita Hijau Anda/rencana jangka panjang bersama GMS?

Sebelum bertemu GMS, saya sudah bercita-cita ingin memiliki my own green venture,  apakah itu semacam LSM, komunitas, ataupun social business yang bisa mendukung program-program kampanye dan pelestarian lingkungan. Pertemuan dengan Mbak Deasi semakin membulatkan niatan tersebut karena jaringan GMS memungkinkan kita bergerak bersama dan saling menguatkan. Dari segi bisnis, saya optimis DEx Jogja akan terus berkembang sebagai penyedia produk-produk ramah lingkungan, bahkan Insya Allah menjadi yang terbesar untuk wilayah DIY-Jateng. DEx Jogja saat ini hanya dijalankan oleh saya dan adik, tapi seiring dengan bergabungnya kami dengan BGM harapannya tahun depan bisa mulai rutin memproduksi sendiri, mengangkat pegawai untuk mendukung rencana tersebut. Kemudian bila hal tersebut berjalan lancar, semoga tahun 2015 kami bisa mulai menghidupkan sisi sosial dan kampanye GMS Jogja, dengan melibatkan komunitas masyarakat di Jogja.

Apa hal terbaik yang pernah atau seringkali terjadi pada mom kaitannya dengan menjadi DEx?

Apa ya.. everything I guess!
Kami belajar menjalankan bisnis, mulai dari nol. Kami mendorong diri kami belajar otodidak mengenai banyak hal seputar lingkungan, kesehatan dan kecantikan. Kami terus menambah dan menemukan pelanggan dan juga sahabat. Dan yang lebih serunya, ini baru permulaan…begitu banyak petualangan menanti di depan!

Siapa atau apa penginspirasi terbesar mom?

Mother earth herself. Ciptaan Allah Maha Besar dan Maha Kuasa, yang entah bagaimana adalah a living thing by herself. Begitu kejam dan keras umat manusia memperlakukannya, mencabik-cabiknya untuk diambil bahan tambang dan kekayaannya, dan lalu mengotorinya dengan limbah dan sampah. Tapi Ibu Bumi tetap dengan indah membalas, menyediakan air, udara bersih, dan menumbuhkan tanaman untuk makan dan rumah kita dan hewan-hewan. How can we ever give up in life when she keeps giving and loving us?

Apa Produk Rainforest favorit mom pribadi?

Tiga boleh ya hehe. Soapnut soap, coconut deodorant, dan cinnamon lipbalm.

Apa produk favorit/best selling di DEx Jogja?

Di DEx Jogja, yang terlaris selama 3 bulan terakhir adalah Cacao Soap!

Apa tips kecantikan favorit mom?

Banyak makan buah dan sayur segar, minum air putih, cukup tidur, dan senyum!

What make you feel Green?

Banyak! Saat menolak kantong plastik dan membawa tas sendiri saat belanja, saat membawa tempat minum sendiri dan tidak meminum air minum kemasan, dan tentunya saat memakai produk-produk Rainforest 😉

Apa yang membuat mom merasa cantik?

Saat tersenyum, bersyukur, dan merasa begitu terberkahi dalam hidup.

Apa arti kecantikan bagi mom?

Kecantikan adalah cerminan diri kita. Apa yang kita biarkan masuk ke tubuh kita (entah itu makanan, minuman, udara, atau ide dan pikiran buruk) akan direfleksikan keluar oleh wajah dan tubuh kita.

Bagaimana misi Green Mommy Network/Shop cocok dengan gaya hidup mom?

Cocok banget! Produk dan juga visi misinya sesuai dengan apa yang saya dan keluarga cari dan butuhkan.

Mohon berikan tips untuk mommies lainnya yang ingin memulai bisnis hijau

Dream big, start with small steps, then walk tall and proud!

Yakinilah sepenuh hati apa yang ingin Anda capai, mulailah melangkah satu persatu, dan tetaplah melangkah dengan bangga dan percaya diri. You can sell anything!

Apa pesan mom untuk teman-teman wanita lainnya?

Teruslah semangat belajar, mengasah diri, menambah teman seperjuangan dan tidak bosan mengingatkan diri akan tantangan zaman.

Peserta BGM
Challida

Apa tantangan terbesar dalam hidup mom dan bagaimana cara melewatinya?

Sejujurnya, saat ini adalah saat dengan tantangan terbesar dalam hidup saya. Berusaha mengembangkan bisnis, membesarkan anak, mendampingi suami, dan bekerja  di kantor untuk membantu mahasiswa mewujudkan mimpi-mimpi mereka. This is the challenge! Saya berusaha melewatinya dengan akal sehat dan kesederhanaan. Tidak memaksakan diri, berusaha sebaik mungkin, mengevaluasi diri, menyerahkan hasilnya pada Sang Kuasa, lalu melangkah lagi dengan senyum.

Apa yang membuat Anda merasa tenang dan bahagia setelah melalui hari yang melelahkan?

Segelas air putih, tawa dan canda bersama keluarga, and a good night sleep

******

Sharing cerita hijau Mom Rani, cantik & mengispirasi kan? Jika teman-teman ingin saling support agar green lifestyle kita menjadi lebih berkelanjutan, khusus teman-teman di Jogja nih, yuk hubungi Mom Rani di https://www.facebook.com/GMS.Jogja

chalida dex.png

Banyak Cinta Hijau dari Eco Village Green Family ^_^,

Deasi Srihandi
“For Health, Beauty & Sustainability”

******

(Jika Anda tertarik untuk kami interview dan muat sebagai salah satu Cerita Hijau Kita, silahkan mengirimkan email ke tanyagreenmommy@gmail.com)