Cerita pertama dari rangkaian Cerita Hijau BGM ini dimulai dari Mom Kreta Kei. Bunda satu ini menjadi member GMN sejak tahun 2010. Baca sharing mom Kei tentang perjalanan crafting alami dan sustainability ala beliau lewat wawancara yang dilakukan oleh Green Mommy ^_^. Mom Kei juga suka sharing kepeduliannya lewat bloq http://www.dozenstoshare.wordpress.com/

1. Tell us a little bit about yourself! Kalau sedang tidak sibuk dengan kegiatan crafting, mom Kei ngapain aja nih?

Keseharian saya seperti kebanyakan ibu rumah tangga yang tidak ngantor, mengurus rumah dan keluarga. Senang sama sesuatu yang crafty, sayangnya itu semua butuh waktu luang yang panjang, jadi belum ada yang benar-benar ditekuni. Baru sebatas mencoba untuk tahu apa saya bisa atau tidak. Craft is one of my cups of tea.

2. Punya produk Rainforest favorit? If so, which one and why?

Yang paling favorit belum ada, tp yg favorit banyak. Terlebih saat rambut saya rontok banget setelah melahirkan. Healthy hair oil, soap nuts soap dan herbal rinse vinegar did excellent job to bring the growth back.  So siapa bilang rambut rontok perlu serum kimia?
Brightening balm krn (think it is) buat wajah saya lebih cerah. Sayang nga ada foto before and after.  Produk sabun batang juga banyak yang oke, favorit saya cinnamon oats dan cocoa, cocok deh.

3. Darimana mom Kei mendapatkan inspirasi membuat sabun, crafting, membuat produk alami?

Absolutely from GMS ^^ (program BGM)

4. Apa sabun pertama yang mom buat?

Percobaan sabun pertama dgn resep yg valid = Fruity soap. Produk coba-coba, cinnamon oats wanna be.. Hahaha, bener nga ada mirip-miripnya sama punya GMS.

5. So…why household n personal care products?
Meminimalisir adanya bahan kimia disekitar keluarga. Kini, udara saja sudah berpolusi, jadi baiknya kita membatasi diri dari paparan zat-zat berbahaya.

6. Apa yang menginspirasi kreasi penciptaan resep-resep produk alami mom?
Selain dari pemikiran mix and match sendiri, inspirasi datang dari hasil browsing. Lalu saya sortir berdasarkan apa yang saya mau serta apa manfaat yang ada dlm bahan-bahan bakunya, kemudian saya modifikasi sesuai kemampuan kantong.

7. Apa mengikuti trend produk diluarankah? atau semata-mata berdasarkan kebutuhan?
Saat sebuah trend ada manfaatnya utk saya, tidak ada salahnya mengikuti. Namun kala yang saya butuhkan tidak sesuai dengan trend, i’ll just go my way.

8. Apa produk favorit yang sudah pernah dibuat?
Body oil! Produk paling mudah dan cepat untuk dieksperimenkan. Lalu Deodorant, mudah utk dibuat dan bagi saya yang jarang bepergian dan butuh deodoran, nga akan khawatir produknya cepat basi karena bisa buat dalam volume/berat yang kecil.
Nga ketinggalan sabun donk! Ketagihan buat eksperimen.

9. Bagi donk, nasehat/saran untuk teman-teman wanita lainnya yang ingin memulai usaha hijau terutama usaha ala BGM atau GMS atau menggunakan program BGM untuk kepentingan pribadi saja?

Bagi yang tujuan utamanya bisnis: pasang pola pikir utk menjalankan bisnis yang baik dan jujur. Sdh byk berita ttg produsen nakal yang pastinya merugikan konsumen, juga lingkungan. Ini bisnis pakai hati dan kesadaran lingkungan.

Kalau untuk personal use: pangkas paparan zat kimia terhadap tubuh dan lingkungan. Dan banyak produk perawatan tubuh/pembersih yg bisa dibuat sendiri itu lebih hemat biaya, nga nyampah wadah-wadah dari a store bought products.

10. Is there anything else you want the GMN Readers to know about you?

Pesan aja, apa-apa yang saya lakukan sekarang berawal dari terbukanya wawasan saya ttg isu lingkungan. Dari berbagai isu lingkungan mulai dari hutan, laut, tanah, udara; dengan mencari tahu (membaca) lalu saya mulai mengambil langkah-langkah perubahan. Tidak muluk-muluk melakukan sesuatu yang besar dan mustahil, mulai saja dengan mengganti disposable pad dgn menspad, mengganti produk pembersih rumah dan perawatan tubuh dengan yang non-chemical.

Hasil dari Kursus membuat kosmetik alami-BGM
Kursus membuat kosmetik
Kursus membuat kosmetik alami
Mom Kei dan hasil kreasi personal care
Sabun Alami Karya Peserta BGM
Sabun Alami Kreta