Cup Cakes, Muffins, wah…anak-anak mana yang nggak suka sama cake satu ini? saya aja ngiler, apalagi My little khalifahs too🙂

cupcakes

Hari minggu ini kita mau ngasih surprise buat Daddy. Pagi-pagi saya bangunin anak-anak n ngasih tebakan.
Mommy: “Guys, what are we going to make today?, its start with C and end with S”
Boys: “Candies?”
Mommy: “Cup Cakes!”
The Kids: “Mommy, we want to help you!!”

Bikin cupcakes alias muffin kali ini tanpa persiapan apa-apa, karena kita serumah chocolate addict, jadi pasti yg berhubungan dengan coklat ada didapur🙂. Kemudian kita nyari kertas cupcakes tapi yg ada cuma yg kecil, akhirnya putar kepala, kenapa ngk bikin sendiri juga, its more fun!? Jadilah berikut ini cara bikin kertas cupcakes ala me & the little khalifahs

Bahan:
kertas baking yg tidak berminyakmaking cupcake liner2
gunting
penggaris
botol bumbu ukuran 100gr/80gr seperti difoto

Cara Membuat:
Ukur kertas 5 x 5 inch, gunting, kemudian, bentuk dengan menggunakan botol bumbu, jadi deh ^_^
Sambil menyiapkan adonan, anak-anak membantu saya menyiapkan cup cake linersnya (enak sekali jadi mommy dengan 5 anak, banyak asisten!! ^^).

Berikut Cara Membuat Vegan Chocolate Cup Cakes

Bahan
1 1/2 cup terigu (optional, ganti 1/2 cup terigu dengan oats flour atau rolled oats)
1/4 cup coklat bubuk
1/2 sdt garam himalayan
1 sdm cuka apel organik (bisa diganti dengan cuka putih atau air lemon atau air jeruk nipis dengan takaran yang sama. Paling enak pakai air lemon, harummm n tambah yum yum cakenya!)
1 cup air kopi hangat (buat 250ml kopi dengan menggunakan 1 1/2 sdt kopi organik seperti membuat kopi biasa tapi jangan tambahkan gula), jika tidak suka kopi, bisa ganti air kopi dengan air biasa.
6 sdm minyak zaitun (atau minyak apa saja, tapi jangan minyak kelapa, karena akan menggangu rasa coklat).
2 sdt vanili bubuk organik
1 cup gula pasir
1 sdt baking soda (bisa diganti dengan baking powder dengan takaran yang sama)
kismis untuk taburan secukupnya

Cara Membuat:
Siapkan loyang muffin/cup cakes isi 12 dan pasangkan liners/kertasnya.
Panaskan oven (api kecil)
Buat 1 cup kopi, sisihkan, tunggu hingga hangat, kemudian campurkan semua bahan cairan dan gula, aduk hingga gula larut.
Campur semua bahan kering (kecuali gula), aduk hingga rata, pastikan coklat bubuk tidak menggumpal (coklat bubuk cenderung menggumpal ketika dicampur bahan lain.
Masukkan adonan cair ke adonan kering, aduk hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan.
Tuangkan adonan ke cup cakes liners sebanyak 2/3 dari tinggi wadah, taburi 3-5 kismis diatasnya (kismis akan tenggelam ketika cup cakes matang).
Masukkan ke oven di rak tengah, panggang hingga matang, atau sekitar 20-30 menit. Untuk mengetes, ambil tusuk gigi, tusuk bagian tenggah cake, jika tusuk gigi keluarnya bersih, berarti cake sudah matang sempurna. Setelah Matang, matikan oven, keluarkan loyang dan diamkan selama 5 menit, kemudian keluarkan cup cakes dari loyang. Jika ingin didekorasi dengan frosting, tunggu sampai cup cakes benar-benar dingin.

cupcake6

Cupcakes tanpa telurnya/Vegan jadi deh ^_^

yumm..yummm….!! & siap dibawa pulang🙂

Nah, untuk resep warna-warni cup cakes vegan, tunggu di postingan kali lain ya..(tadi pagi nggak sempat bikin yang pake frosting), dah buru-burum mau pulang ke rumah klinik cerintaya🙂. Jangan lupa, mommies bisa bikin warna-warni frosting alami, dengan pewarna alami yang saya posting sebelumnya.

Yang saya suka dari Cup cake satu ini, karena moist banget🙂 dan rasa chocolatenya kerasa!, kenapa bisa begitu? karena ada kopinya, yang bikin coklatnya punya stronger taste, maklum penggemar kopi😉 dan segala yang bernama dark chocolate!

Happy Sunday Everyone! ^_^

Love you xo!
Deasi & feeling sleepy

ps: kalau teman-teman suka dengan sharing-sharing saya, please dishare ya!…:-) kalau ingin lebih banyak share dari saya, yuk gabung di Green Mommy Network ^_^