Begitu banyak hal yang terjadi dikehidupan pribadi saya, keluarga dekat, teman, pasien, green mommy shop (bisnis), green mommy network, yang belakangan ini bikin saya sakit gigi!

Bikin saya jadi ngk fokus kerja, mo ke laptop malas, rasanya mau menjauh aja dari kerjaan, akhirnya 1 hari saja mogok “kerja”, banting setir ngurusin taman, nanam strawberry, mindahin aloe vera ke tanah, digigit banyak semut-semut merah, orang Manado bilang “Bifi Merah” minta ampun dang…sungguh nyaman main ditaman, pikiran menjadi sangat tenang, tau-tau hari sudah berlalu..iihhhh….kok cepat sekali, tadi masih jam 8, ini udah waktunya nyiapin makan siang!. Selesai makan siang, main dengan anak-anak, tau2 dengar suara suami..”Deasi!!! you forget your unfinished business!!!” jadi kaget…”apaan sih?” eh ternyata saya lupa..masih banyak strawberries yg belum saya tanam, masih saya masukkan ke baskom berisi air besar biar ngk dehidrasi sebelum saya tanam ke tanah, hehehe….tar tenggelam deh mereka. Back to work sampe sore jam 3, hasilnya…jilbab gede tuk kamuflase jadi belepotan tanah, bentol2 digigit tu bifi merah, jantung berdebar kencang, krn dah lama ngk kerja fisik terus menerus..(ih ketauan banget ngk fit!!, agenda lain lagi nih tuk perbaikan), Dodoe…pe banya jo ni peer!! Trus jadi pengen pension dari hiruk pikuk diluar keluarga!!!! Waaahhhhh!!!!! So talalu banya ini dikapala deng hati somo beking pica otak!!

Sambil bersih2 sore, sambil mikir, ni kapala nimau mo ajak liburan kayaknya, ato Tuhan ada kase non fossil fuel paling!, nda ada depe abis! Alhamdulillah J saya mikir, kalau saya berhenti jadi Cuma egois mikirin gimana nyiapin keluarga menghadapi segala kondisi hidup yang ada sekarang, apa kita bisa survive? Bisa sih…meski ngk bisa maksimal, tapi paling ngk kemungkinannya lebih baik dari orang lain yg ngk siap2. Mikir lagi..ini udah lama secara aktif aku share, ngajar, dll ke teman2 yg bisa aku jangkau, tapi perubahan yg ada, ngk signifikan, alias ngk bikin mata saya berasa seperti kalo ada yg poking my eyes, aaaawwww!!! Sakit!!!! (ngk ada yg berasa begitu banget!!). Jadinya saya flash back, apa2 yg sudah saya lakukan sejak saya lahir..wuahhhh puanjang sangat…ada banyak hati yang saya sentuh, ada banyak tawa yg ada gara2 saya jailin, ada banyak muka manyun yg saya sentil, ada banyak yg jadi bête gara2 pernyataan atau keputusan saya, so rupa persis bubur Manado pokoknya! Bottom linenya, Alhamdulillah kok ya semuanya menjadi lebih baik J ngk bisa saya brenti berbagi kalo mo sama-sama survive, kalo nanam tomat hari ini, besok timun, besok sawi, meski Cuma atu-atu aja, saya rawat meski Cuma 5 menit perhari, artinya, apapun langkah kecil saya, asal saja ajeg dan teguh pendirian, berkomitmen, pasti bisa ada perubahan, dan kalau kita semua bikin langkah2 kecil dan ngajak teman2 lainnya bikin langkah juga apapun itu, pasti perubahannya jadi lebih besar donk, kan terakumulasi tuh, just like the snow ball!!! ^_^

“Never Doubt That a Small Group of Thoughtful, Committed Citizens CAN CHANGE THE WORLD. Indeed, It Is The Only Thing That Ever Has.”  Margaret Mead

Apa saya bisa merubah DUNIA? Pertanyaan satu ini seringkali ditanyakan siapa saja, seperti jadi tembok bagi hampir semua orang termasuk SAYA!  

Rata-rata orang bisanya Cuma berandai-andai “Apa bisa saya merubah dunia, terutama dikondisi saya yg ngk punya uang segunung dan ngk punya waktu, ngk punya network?”

Sahabatku tercinta…jawabannya YA, anda BISA!! CARANYA? Dengan memberdayakan WANITA, KITA!!

 
Saya Kasih beberapa TIPS ya:
1. MULAI DARI DIRI ANDA SENDIRI! Kalau anda pernah berandai-andai, “bisa ngk sih saya merubah  dunia?” Cara yg paling baik dan paling realistis adalah dengan memberi dunia apa yang anda miliki saat ini, dengan cara mengisi kebutuhan anda saat ini secara maksimal dengan memaksimalkan kemampuan dan potensi yang anda miliki kemudian cari manfaat dari kesempatan-kesempatan yang ADA dan TERSEDIA disekeliling anda! Dengan begini, Anda akan menginspirasi orang lain disekeliling anda dengan menjadi CONTOH HIDUP/NYATA. Ngk pake omong doang!! Sudah jo! ba karlota…kase lia apa yang ngana ada beking supaya orang laeng ada bole mo tiru!!

 2. Gunakan SUARA anda! : Anda bisa ngomong? Punya kebebasan memberikan pendapat? Bisa nulis? Bisa njawil orang? Pake deh kebebasan2 itu untuk menyuarakan hati anda, kepedulian anda J salah satu documenter yg saya rekomendasikan tuk teman-teman wanita tonton adalah “ Half The Sky” (ada bukunya lho!) bisa cek di youtube ada cuplikannya juga J dan jangan lupa juga, sharing informasi ini, paling tidak, telpon/colek/ajak ngomong  1 orang saja, ttg film ini agar termotivasi. Real action, jangan berandai-andai saja, lakukan sesuatu!!! Brenti berandai-andai “Can I change the world?” Anda lho, bisa mulai dari menyebarkan kepedulian ini hanya dengan menggunakan suara yang anda miliki (hp punya semua kan???)!!

3. Lakukan SESUATU! : Anda bisa membuat perubahan dengan terlibat secara langsung diorganisasi/kelompok yang sesuai dengan kepedulian anda. Dukung organisasi tersebut dengan waktu yang anda miliki, uang, atau terlibat langsung apapun bentuknya. Kelihatannya mungkin kontribusi anda adalah sesuatu yang sangat kecil, tapi hal ini akan membuat anda tidak perlu bertanya dan berandai-andai lagi, apakah anda bisa merubah dunia??? Karena sudah pasti anda sudah melakukan dan mendukung sesuatu ^_^.

Saya masih disini untuk berjalan merubah wajah dunia bersama anda..^_^

Saya tunggu email dari anda untuk saling membantu merubah wajah dunia ^_^

Saya masih nunggu lho……;-)

Deasi