Fakta Yang Sebenar-Benarnya Tentang Pengharum Ruangan

Perhatian bagi ladies yang suka semprat-semprot pengharum ruangan, bisa kaget kalo tau kandungan didalamnya sangat membahayakan kesehatan.
Bahan kimia Phthalates, si pengganggu keseimbangan hormon.


The Natural Resources Defence Council (NRDC)—sebuah organisasi internasional bidang lingkungan—melakukan penelitian yang berjudul “Menyegarkan Udara:  Bahaya dibalik pengharum ruangan” menemukan bahwa 86% pengharum udara mengandung zat berbahaya phthalates.
Phthalates digunakan sebagai bahan pelembut plastik, sebagai bahan anti-busa dalam aerosol, kandungan dalam vinyl dapat ditemukan pada  mainan anak, kendaraan, cat, pestisida, kosmetik dan  juga dalam wangi-wangian.
Berdasarkan penelitian NRDC dampak phthalates berpengaruh pada produksi hormon testeron pria dan hubungannya dengan ketidakseimbangan reproduktivitas.
Hasil uji coba penelitian pada hewan menunjukkan dampak terkena phthalates menyebabkan penurunan hormon testeron, organ genital tidak berfungsi baik dan kurangnya produksi sperma.
Di negara bagian California, Amerika, kandungan phthalates yang ditemukan dalam penyegar udara sudah masuk daftar kandungan berbahaya yang dapat menyebabkan masalah kehamilan dan reproduksi wanita.  Menurut NRDC, Phthalates dalam penyegar udara dihubungkan sebagai penyebab gejala alergi dan asma.
Mengetahui bahwa penyegar udara yang ladies pakai mengandung phthalates, berarti produk ini sangat mencelakakan!
Penyegar udara dengan phthalates dalam jumlah yang amat sangat besar, ditemukan oleh NRDC dalam penyegar udara dan scented bouquet merek Walgreens, serta pembersih udara merek Ozium Glycol-ized. Produk-produk diatas melebihi 100 per 1 juta (parts per million), dianggap sebagai jumlah paparan yang tinggi. Produk merek Walgreens memaparkan 7300 per 1 juta (parts per million)! *wah, racunnya 73x lebih banyak!


Daftar singkat produk yang lebih dikenal disini juga mengandung phthalates, seperti:
Glade Plugin Scented Oil 4.5 ppm DBP
Glade Air Infusions 1.5 ppm DEP
Air Wick Scented Oil 0.75 ppmn DBP; 6.3 ppm DEP; 1.6 ppm DIBP; 2.1 ppm DIHP
DBP = di-butyl phthalate—berkaitan dengan naik turunnya tingkat hormon, buruknya kualitas sperma, dan perkembangan alat vital yang tidak baik.
DEP=di-ethyl phthalate—akibat yang sama dengan DBP berlaku juga pada DEP.
DIBP = di-isobutyl phthalate, dikaitkan dengan mengecilnya testis dan rendahnya jumlah hormon testeron pada hewan dan perkembangan alat vital yang tidak baik pada manusia.
DMP = di-methyl phthalate—belum banyak percobaan penelitian untuk memutuskan dampak dari DMP.
DIHP = di-isohexyl phthalate—racun DIHP yang terbawa dari sistem reproduksi pria, berdampak pada kelahiran dan perkembangan bayi.
Penelitian terdahulu menyatakan bahwa “besar paparan racun baru akan membuat anda sakit.”
Namun dengan gencarnya penelitian, didukung dengan peralatan yang lebih canggih, pernyataan diatas didebat. Terkena paparan racun ini, walaupun dalam dosis kecil, dipercaya tetap dapat  mengganggu keseimbangan hormon.
Baiknya STOP pemakaian segala macem wangi2an udara deh, atau yang pake kata “natural” atau “unscented/tanpa wewangian”, malah nambahin kandungan bahaya lain untuk menekan bau wangi. Jangan mudah tertipu, konsumen harus lebih pintar.
Kalo ada yang bersedia, silahkan menulis surat ke YLKI (Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia) untuk melarang produk dengan kandungan phthalates dan memastikan seluruh produk yang beredar luas dipasaran memasang kandungan bahan produk tersebut.
Untuk yang bekerja di kantor, bagi pengetahuan ini dan bebaskan ruang anda dari penyegar udara/produk sejenis lainnya. Cukup buka jendela anda untuk menyegarkan udara!

Hayo ladies, ini penting lho, segala macem wewangian sintetis yang semprot, yang colok, yang ditaro, yang digantung, ngga’ ada bagusnya! Kita hanya terlena dengan bau enaknya tanpa cek dan ricek kandungan bahannya + dampaknya. Kalo sudah dapet pengetahuannya, nggak perlu pikir sampe 2x untuk berhenti.
Manusia normal hanya mau menghirup udara bersih, nggak akan mau menghirup udara + racun, iya kan?!

Sumber:
http://www.care2.com/greenliving/exposed-the-shocking-truth-about-air-fresheners.html
by. Kreta
Member Greenmommy Network Jakarta

Untuk mendapatkan pengharum ruangan alami, anda juga bisa menggunakan dupa aromaterapi atau menanam tanaman lavender, menyimpan akar wangi di dalam rumah sampai menyemprot paradise mist untuk pengharun ruangan, bantal, dll.
Jika anda ingin mendapatkan pengharum alami di atas bisa dapatkan di greenmommyshop@gmail.com

Advertisements

9 Comments Add yours

  1. ita_mamafachry says:

    hemm…mengerikan…klo parfum tubuh sih dah lama gak pake…paling pake deodorantnya ecocare ajah..tp pengharum ruangan nih suamiku yg suka beli n semprot2..kudu dibacain artikel ini nampaknya…thx all

    1. greenmommy says:

      Bapak saya juga dulu suka gitu, apalagi kalo mo lebaran..suka banget aerosol yg melati…berasa gimana gitu…tapi sekarang, pake dupa wangi aja, atau burn kayu2an n essential oil 🙂

  2. Via says:

    Apakah yang anda sampaikan sudah terbukti jelas dan sudah di tes kebenarannya? Mungkin tdk semua produk seperti itu.

    1. greenmommy says:

      Ada banyak juga penelitian ilmiah yang diterbitkan sis, silahkan dicari, pasti ketemu 🙂 memang tidak semua, tapi yang kami informasikan disini adalah bahan-bahan yang sudah terbukti tidak aman. Salah satu yg bisa di cek adalah di website EWG (mereka badan independen).

  3. Via says:

    itu produk apa aja yaa yg sudah terbukti?

    1. greenmommy says:

      silahkan cek di komposisi produk yang paling nggak biasa sis pakai dulu. Kalau kami tidak membuat database produk apasaja yg mengandung kandungan tersebut. Kalau di USA, ada EWG yg bikin database produk apa aja yg ada bahan tsb. Mungkin sis tertarik bikin review, ngelist produk apasaja yg ada bahan2 yg tidak sehat tersebut? pasti akan sangat membantu teman-teman di Indonesia.

  4. Via says:

    saya pengguna Glade baik yang matic, gel, aerosol maupun yang untuk di mobil menurut saya wanginya segar dan bahan yang dipakainya jg tidak berbahaya tetapi tdk tau dewh mnrt pengguna glade yang lain…

    1. greenmommy says:

      jangan lupa cek komposisi bahan didalamnya sis, kalau merek tersebut krn produk internasional, kemungkinan bisa sis lacak ke negara yg sudah bikin review ttg komposisinya.

  5. putrirues says:

    Kalau saya pakai stella yg semprot nih kak, udh ada review tentang produk stella blm ya? Thx😊

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s