Pagi ini saya panen daun kailan dan daun sirih, (kena tegur suami), “tuh udah waktunya dipanen, kalo males dipanen, tar ngk saya tanami lagi lho.., terutama daun sirihnya, udah menjulur kemana-mana, udah waktunya dirapikan!”.

Kailan, jadi lalapan buat hari ini, daun sirihnya mau saya bikin sirih oil tuk bahan baku EcoCare, sambil motongin, saya masukin keranjang dan masuk mulut juga, he..he.., adik saya yg pas nginep mumpung weekend, langsung nyeletuk, lho..lo…kok dimakan sih? saya bilang “abis enak nih..mulut jadi segar, tenggorokan juga, berasa makan permen, gimana…gitu..!”.

Saya jadi ingat waktu sma, saya sering mintain daun sirih dari mbah buyut (kebutuhan nginang beliau), tuk saya cemil, setelahnya, sirih jadi favorit pembersih mulut saya🙂 seringan malah saya ambilin dari wadah nginangnya, tau-tau aja saya dapat muka masem senyum, nak..kok ya punya mbak diambil lagi..!

Dulu mana saya kepikiran manfaat daun sirih, taunya enak aja..Sekarang…wah..setiap rumah harus punya tanaman lokal ini!! ^_^

Daun ini mengandung segudang kebaikan mulai dari memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Daun sirih juga bersifat menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan. Selain itu juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan.

Nah..potongan batangnya masih mengandung banyak banget minyak atsiri atau essential oil dari tanamannya yg juga mengandung kandungan yg sama dengan daunnya (jangan tanya ukuran akurat ya..saya bukan chemist!). Batang tanamannya, saya potong kecil-kecil, dan saya sebar dipot-pot tanaman tuk jadi clippings, mulchings aduh..bahasa Indonesianya apa sih..bete banget..hmm gini nih..potongannya saya sebar kesekeliling tanaman tuk menutupi permukaan tanah dari kekeringan yg lebih cepat jika dibandingkan ditutupi daun2 kering atau potongan ranting kering, plusnya lagi, biar nanti tanaman keringnya jadi kompos menutrisi tanah kembali plusnya lagi, batang sirih ini bisa mengusir hama hingga siput yg sukanya makan daun tanaman, tambah lagi bisa nyusir nyamuk…:-) Kebun dirumah ngk ada nyamuknya!! asli!! he..he…

Selamat berkebun dihalaman sempit..(pengennnn banget pindah ke rumah yg halamannya super gedeee…..!!!! dan berkebun sepanjang pagi!!, amin…)

Berikut beberapa sumber tentang tanaman sirih dan manfaatnya:
http://id.wikipedia.org/wiki/Sirih
http://en.wikipedia.org/wiki/Betel