Untuk sementara hanya saya review beberapa cloth diapers (clodi) yang paling laku di Indonesia dan yang paling banyak dibeli mommies dari Green Mommy Shop, juga dari pemakaian pribadi 2 anak saya yang saat ini memakai berbagai merek clodi usia 2 bulan hingga 3 tahun dan (paling banyak dibeli mommies dari Green Mommy Shop).

Coolababy

Clodi satu ini paling terkenal di Indonesia juga dimancanegara (diekspor ke USA, dll) coolababy termasuk clodi pertama yang beredar dipasaran dengan harga yang lumayan terjangkau (100ribuan). Kualitasnya juga oke. Ini clodi yang pertama saya beli untuk dipakaikan ke 2 anak saya (Zahra dan Yasmeen). Awalnya jelas ini jadi favorit saya, karena waktu itu saya benar-benar tidak tahu tentang dunia cloth diaper. Di awal senang banget donk bisa say bye-bye to disposable diapers, lega banget lepas 1 keranjang sampah yg biasanya penuh dengan popok setiap harinya karena saya pake disposable diapers (bisa mom bayangin pengeluaran saya tiap bulan). Saya suka Coola karena gampang dibersihin dari pup, tapi kalo pupnya udah ngendon 5 menit, harus direndam sebentar pake deterjen dikit aja, trus dikucek, bersih deh. Untuk ukuran pas banget di bayi 0 – anak 3 tahun. Potongannya tidak terlalu besar, pocketnya agak kaku tapi tetap fleksibel. Saya suka buttonnya ada 3 jadi ketika dikecilin untuk bayi saya Zahra yang waktu itu berusia 2 bulan, clodinya terlihat rapi dan nyaman dibayi. Yang agak menggangu dari coolababy, tempat masukin insert tidak dijahit jadi lebar sekali (cocok buat mom yang tangannya gede) tapi tambah molor dari hari ke hari. Coola hanya tahan 2x pipis (1 insert) untuk bayi heavy wetter, kalo dipakaikan 2 insert bisa tahan hingga 3 jam. Untuk pemakaian malam tidak saya anjurkan, karena beberapa kali saya kecolongan, tembus duluan setelah 3 jam, he..he..(mommynya ketiduran)

Sunny Baby

Yang ini dari Cina juga sama dengan Coolababy harganya sedikit lebih mahal tapi masih sekitar 100ribuan. Bedanya bahan luar/pocket dari fleece lebih shinny dari yang 100% polyester seperti coola. Bahan lebih lembut, lebih tipis, lebih ringan dan lebih tahan bocor, sampai sekarang, ini jadi salah satu favorit saya🙂 sistemnya juga pake kancing dan tempat memasukkan insert dijahit, jadi rapi. Tetapi Sunny Baby tidak cocok untuk balita yang bongsor. Sampai sekarang masih saya pakaikan ke anak saya Yasmeen 3 tahun BB 14kg, tapi kayaknya sebentar lagi ngk bakal muat.

Ziggie Zag

Yang satu ini buatan Indonesia, terkenal karena punya koleksi motif yang lucu-lucu dan harganya lumayan murah, berkisar 60 – 100 ribu tergantung jenis insert. Karena berbahan katun jadi merek ini lebih cepat bocor. Untuk insert terlalu banyak jenis, bikin puyeng kalo buat saya yang full time mom + homeschool 4 anak + menjalankan home based bisnis, tapi ada bagusnya juga, karena bisa disesuaikan untuk kebutuhan si anak. Kalo mom mau anaknya cepat potty training, merek satu ini lebih cocok.

GG

Produk Lokal satu ini adalah salah satu fav saya yang lainnya (favoritnya terlalu banyak deh ya, he..he..). Mirip dengan Sunny Baby, tapi pocketnya lebih tipis jadi lebih cepat kering dan paling tahan bocor biar dipake semalaman (saya coba untuk kedua anak memakai 2 insert selama 8 jam). Meski cuma 1 insert dan insertnya sudah super basah, tetap ngk bocor dan harganya juga super hemat alias paling miring untuk kualitas yang sama. GG berkisar 80 – 100 ribu. Cuma mom harus cepat nyuci kalo kena pup. GG juga membawa pesan untuk Go Green, ini yang saya paling suka, karena di paket pas beli, ada brosur untuk Go Green🙂 Mom and Baby Go Green nggak harus mahal dan ribet kan?🙂

Metal Mom

Merek satu ini buatan Cina salah satu favorit saya juga, karena Organik dan dari Bamboo yang terkenal super serap, cepat kering, anti bakteri, dan banyak keunggulan lainnya. Hebatnya lagi, setelah saya cuci pake mesin cuci 30 menit kemudian sudah kering. Nggak percaya kan? Saya sendiri waktu pertama nyoba terbelalak sambil senyum puas. Begitu juga dengan insert bamboonya, meski udah penuh, rasanya kering aja dan bikin popok ngk bau. Harganya berkisar 100 – 150 ribu. Hanya secara pribadi saya memilih produk lokal, biar karbon print kita ngk banyak, itung-itung buy locally mendukung produk Indonesia🙂

Nice Kids

Merek lokal satu ini super murah deh, trus cocok buat kado. Harga 20 ribuan. Cocok untuk mom yang ingin anaknya cepat potty training dan tersedia dari model diaper hingga celana. Merek ini nggak all size, ukurannya S,M,L,XL, jadi sebelum beli, mom harus cek ukuran anak dan ukuran Nice Kids, biar nggak salah.

Annandapers

Produk lokal satu ini cocok untuk potty training, karena bahannya handuk, jadi dia nggak menyerap pipis, tapi mencegah bocor. Mom hati-hati kalau mau beli, anaknya diukur yang benar, karena merek satu ini bulky, dan agak cepat melar (jangan dicuci di mesin cuci ya) kalo dikeringin di mesin cuci lebih bagus, karena lama keringnya kalo dikeringin biasa. Harga berkisar 40-50 ribu.

Merek lokal satu ini super murah deh, trus cocok buat kado. Harga 20 ribuan. Cocok untuk mom yang ingin anaknya cepat potty training dan tersedia dari model diaper hingga celana. Merek ini nggak all size, ukurannya S,M,L,XL, jadi sebelum beli, mom harus cek ukuran anak dan ukuran Nice Kids, biar nggak salah.

Cancut/Celana Terry

Yang ini seperti Nice Kids cocok untuk potty training lebih awal karena tidak dibuat untuk menyerap tetapi hanya menahan bocor. Untuk yang ini saya suka karena modelnya pull up yang diperut ngepas banget dan slim. Harga 20ribuan

Babyland

Yang ini merek Cina harga <100 ribu dengan kualitas dan fitur seperti Coolababy.

Cluebebe

Ini favorit saya yang terakhir, buatan lokal kualitas premium/terbaik. saya milih karena nggak gampang bocor, pocketnya tipis dan kuat jadi cepat kering dan bakal tahan lama, motifnya super cute dan kalem banget, jadi nggak norak gitu deh. Harga 100ribuan. Ada jenis yang sistem diaper cover (bukan kantong) jadi pup bisa lebih mudah bersih.

Rainbow

Yang ini sama juga dengan Babyland, merek Cina harga 100ribuan lebih murah dari Sunnybaby

Green Baby

Merek satu ini dari Jepang, pemakaian disarankan nggak nunggu bocor atau tidak lebih dari 1 jam, biar lebih sehat. Harga 100 ribuan.

Clodi Lokal tanpa Merek

Banyak ibu-ibu puas dengan diaper satu ini, SUPER MURAH, cuma 20 ribuan. Ukuran juga All Size Diaper, jadi bisa pake sampai umur 2-3 tahunan. Hanya jangan dibandingin kualitasnya sama yang merek dengan harga100 ribuan mom, nggak relevan kan?

Kalo mau dirangking mana favorit saya, dengan berat hati (karena semua favorit buat saya tempatnya nomor 1 dengan masing-masing punya kelebihan tersendiri) daftarnya sebagai berikut:

  1. Metal Mom Organic Bamboo
  2. GG
  3. Cluebebe
  4. SunnyBaby

Yang ini daftar favorit pilihan para mom dari Green Mommy Shop (berdasarkan order paling banyak) adalah:

  1. Metal Mom Organic Bamboo
  2. GG
  3. Cluebebe
  4. Ziggie Zag
  5. Nice Kids
  6. Cancut/Celana Terry

Jangan lupa mom, keberadaan cloth diapers hakikatnya untuk kesehatan dan kenyamanan bayi, bagus juga jika membantu dari segi finansial/keuangan keluarga, tapi jangan sampai terlena dengan warna-warni cloth diapers🙂