Karena pertimbangan harga yang lumayan wah untuk langsung mengganti penggunaan disposable ke reusable diaper, untuk beberapa bulan pertama saya hanya memakai 6 pocket diapers dengan 12 insert dan 4 training pants untuk dua anak saya yang waktu itu berusia (3 bulan dan 2 tahun). Kalau dilihat dari tips di penjual reusable diaper dan ulasan tips penggunaan lainnya, semua mengganjurkan untuk 1 anak minimal harus punya 8-12 reusable diaper, Wah! Impossible donk saya punya cuma 10 untuk 2 anak.

Jangan takut Mommy!, saya bagi rahasia nih, karena tidak murah untuk merogoh kocek langsung beli 8 diaper🙂 gini caranya. Untuk setiap diaper + 1 insert bisa tahan 2 kali pee untuk heavy wetter (alias anak yang pipisnya banyak), saya pakainya untuk 1 diaper 2 kali ganti insert, kalau lagi sibuk 1 diaper saya pakai 2 insert sekalian, biar nggak sebentar-sebentar ganti. Biasanya sesudah 8 jam ada 4 diapers kotor dan langsung saya cuci, dan keringkan. Untuk para mommy yang punya washing machine/mesin cuci, akan sangat diuntungkan. Sesudah saya cuci, saya masukkin di spinner (mesin cuci saya tidak ada pengering hanya ada spinner) dan saya set waktu 15 menit, setelah selesai, diaper sudah hampir kering, istilahnya kalau darurat bisa langsung dipakaikan, cuma sebaiknya benar-benar dikeringkan (kan masih lembab tuh). 4 jam kemudian cucian tadi sudah kering (meskipun tidak saya gantung diluar rumah). Biasanya sehari semalam saya 2-3 kali mencuci diapers, jadi saya tidak pernah kehabisan stok, meskipun jumlah yang saya miliki sangat minim.

Kalau anak anda heavy wetter, mencucinya bisa setiap ada popok yang kotor. Lagian mencuci tidak memakan banyak waktu, kalo cuma 1 popok sih, 2 menit sudah selesai. (kalau cuma pee/pipis, saya mencucinya tanpa deterjen).

Tidak sulitkan buat para Mommy untuk Go Green🙂 kalau ada kemauan pasti ada jalan🙂

Saat tulisan ini saya posting, saya hanya memiliki 10 diaper, 16 insert dan 4 training pants (inshaAllah cukup sampai kedua anak saya lepas dari penggunaan popok kain).

Buat saya pribadi, keberadaan reusable cloth diaper adalah alat kenyamanan untuk memudahkan kehidupan saya sebagai ibu yang pekerjaannya tidak pernah ada habisnya. Kalau ingin mengikuti kehendak hati, mau deh beli cloth diaper setiap ada new release dengan fitur yang lebih bagus, apalagi sekarang banyak motif lucu, tapi saya mengingatkan diri, sekali lagi tujuan saya untuk memudahkan hidup, jadi tambah sulit donk kalo harus merogoh kantong lebih hanya agar si bayi/anak menjadi lebih modis, lol!.

Semoga tulisan ini bermanfaat🙂

Green Mommy is Smart Mommy🙂