Dirty Laundry

Daftar Bahan Berbahaya Pada Kosmetik dan Produk Perawatan Tubuh

Apakah Anda tahu kalau lebih berbahaya mengoleskan produk yang mengandung bahan berbahaya ke kulit ketimbang jika termakan/tertelan? Awalnya saya juga kaget kok bisa seperti itu ya? Pada kenyataannya, bahan-bahan berbahaya pada produk Anda, bisa mengakibatkan berbagai efek negatif, mulai dari kulit kita yang terasa seperti dilapisi plastik, tidak bisa bernapas dengan lega, iritasi ringan hingga berbagai macam penyakit kulit. Racun dan toxin ini langsung terserap oleh kulit dan masuk ketubuh kita, masuk ke aliran darah dan tersimpan di sel-sel diseluruh tubuh kita. Akibatnya, bisa menyebabkan berbagai macam efek negatif mulai dari DNA yang berubah, kemungkinan menjadi kanker, menyebabkan kemandulan, kerusakan sistem syaraf dan berbagai masalah kesehatan lainnya plusnya lagi banyak dari bahan tersebut belum diketahui dengan jelas efek sampingnya.

Kulit kita sebenarnya berfungsi untuk melindungi tubuh dari berbagai macam hal, mulai dari polusi hingga kecipratan minyak panas ^_^ tapi, kulit juga bisa menyerap semua hal yang ada diatasnya. Yang lebih menakutkan lagi, ternyata Bahan Kimia yang keras/berbahaya jika terkena kulit yang sensitif atau kulit yang tipis, bisa menyebabkan berbagai macam reaksi mulai dari alergi hingga masuk dan membanjiri aliran darah Anda (sumber bloodstream.” Source: cnn.com/health)

Daftar ini saya kumpulkan dari berbagai sumber diantaranya; Material Safety Data Sheets, CosmeticsDataBase.com, Cosmeticsinfo.org, Pesticideinfo.org. dll

Kesemua Produk Ecocare & Ecosmetics (sekarang rainforest) BEBAS dari semua bahan berbahaya dan menggunakan bahan alami yang tercantum didaftar ini dengan bijaksana.

Sangat saya sadari bahwa perubahan itu butuh waktu. Kecuali ada sesuatu yang terjadi seketika yang membuat Anda langsung berubah, seperti sesuatu yang mengancam keselamatan nyawa. Anda tidak perlu 100% langsung berubah menggunakan produk alami. Tetapi paling tidak, Anda membuat pilihan-pilihan yang penting terlebih dahulu, mana-mana yang harus dirubah. Bisa Anda bayangkan, jika Anda hari ini langsung membuang semua produk perawatan tubuh dan kecantikan yang ada bahan berbahayanya dan diganti dengan produk alami, berapa Rupiah yang harus Anda keluarkan? tentu tidak sedikit!. Pasti ada produk yang meski Anda tahu tidak baik, tetapi sudah mendarah daging bagi Anda, yang Anda tidak bisa hidup tanpanya ^_^ benar kan? Mungkin parfum favorit? atau Body Lotion yang baunya bikin Anda merasa rileks? hal itu bisa apa saja. Kuncinya adalah Anda harus terus mengadakan perubahan dari hari ke hari dan terus belajar untuk menjadi yang lebih baik (tetapi jangan bikin langkah yang terlalu kecil, sama saja bohong ya ^_^ alias nggak ada efeknya).

Alkyloamides- Pengental, emolien dan pengemulsi pada lotion, cream, dll
1. DEA – diethanolamides
2. MEA – monoethanolamides
3. TEA – triethanolamides
4. MIPA – monoisopropanolamides
5. PEG or ethoxylated alkyloamides
Tidak termasuk toxic, tetapi bisa terkontaminasi dengan nitrosamines. ‘ Nitrosamines dianggap bisa menyebabkan kanker. Bahan kimia lainnya yang bisa terkontaminasi oleh nitrosamine: Cocoyl Sarcosine, 2-bromo-2-nitropropane-1,3-diol, Imidazolidinyl Urea, Hydrolysed Animal Protein, Lauryl Sarcosine, Quaternium-7, 15, 31, 60, etc, Sodium Lauryl Sulfate, Ammonium Lauryl Sulfate, Sodium Laureth Sulfate, Ammonium Laureth Sulfate and Sodium Methyl Cocoyl Taurate.’*

Aluminum – Bahan dari Metallic yang biasanya digunakan pada produk antiperspirants dan antiseptic. Beberapa ilmuwan telah menemukan hubungan antara aluminum dan kanker payurada. Jika digunakan pada antiperspirants bisa mengakibatkan tersumbatnya pori-pori kulit. Akibatnya, kulit tidak bisa mengeluarkan racun secara alami dan bahan berbahaya akan tersimpan ke sel lemak terdekat seperti payudara bahkan otak kita. Bahan ini bahkan juga diketemukan ada hubungannya dengan penyakit Alzheimers. Untuk amannya, jika Anda membutuhkan deodorant, pilih yang aluminum free, paraben free. Untuk lotion, biasanya aluminum dicantumkan dengan nama Magnesium Aluminum Silicate atau nama lainnya. Aluminum dan turunannya, juga berbahaya untuk jaringan syaraf otak manusia.

Alcohol – Asalnya dari fermentasi gula dari tanaman alami, tetapi untuk penggunaan di kulit mengakibatkan berbagai efek negatif, seperti mengikis lapisan minyak alami kulit, membuka lapisan Acid Mantle (lapisan asam kulit) dan menyebabkan kulit kita lebih rentan terkena bakteri, jamur, virus, zat karsinogenik/carcinogen (penyebab kanker), juga toxin-racun dari lingkungan. Alcohol juga membuat kulit menjadi lebih kering. Selain alcohol alami, alcohol juga terbuat dari propylene atau turunan minyak bumi, yang satu ini bahkan bisa menyebabkan munculnya bintik-bintik coklat dikulit dan tanda-tanda penuaan dini.
Aminomethyl Propanol – sebagai pengatur PH pada produk. dikategorikan sedikit berbahaya.

Animal Testing and Products – Yang satu ini saya tidak bisa bertoleransi. Sangat kejam jika mengujicobakan produk pada hewan! Produk yang berasal dari hewan juga seringkali caranya adalah dengan membunuh mereka!! (jangan disamakan dengan Anda makan Ayam, Kambing, Sapi, Ikan)!

Glycerine – Terdapat 2 jenis, yang dari tanaman dan dari hewan, bisa juga alami dan bisa gliserin sintetis. Gliserin alami bisa juga berasal dari proses pembuatan sabun, seperti disabun Ecocare. Selalu pastikan gliserin diproduk Anda adalah yang dari tanaman. Karena gliserin yang berasal dari hewan atau sintetis bisa menyebabkan berbagai macam efek samping seperti iritasi. Collagen yang terkandung dalam gliserin yang berasal dari hewan bisa menyebabkan kulit susah bernafas dan meregenerasi sel secara alami. Gliserin dari hewan juga memiliki hormon dari ternak yang biasanya penuh dengan suntikan hormon pertumbuhan, antibiotik dll, yang akhirnya akan kita serap juga lewat gliserin dari hewan yang terkandung pada produk.

Cholesterol juga adalah produk dari hewan. Bahan satu ini sulit untuk dimasuk ketubuh, jika sudah masuk ketubuh, kolesterol akan menyumbat arteri. Anda pasti sudah tahu banyak tentang kolesterol.
Gelatin – produk dari hewan, yang bisa menimbulkan alergi pada manusia. berasal dari bagian mana-mana saja dari hewan dan dari hewan apa saja. Gelatin adalah protein yang ada di connective tissue pada hewan
Borax (Na2B4O7) – Ada yang mengkategorikan Borax aman untuk digunakan pada produk perawatan tubuh, kosmetik bahkan pada makanan sebagai pengawet alami (karena borax memang dari mineral bumi yang terbuat dari boron, sodium, udara dan air), tetapi belum tentu semua mineral itu aman. Misalnya minyak bumi, mineral juga kan? alami kan? tapi apa aman untuk dikonsumsi oleh manusia? kenyataannya malah menyebabkan berbagai macam efek negatif termasuk menjadi penyebab kanker. Pemakaian borax pada produk perawatan tubuh, kecantikan, bisa menyebabkan kulit teriritasi. Diketemukan hubungan antara Borax dan kanker, masalah ginjal, kemandulan, dan cacat lahir. Borax hanya saya sarankan aman sebagai produk pembersih dan pestisida alami. Karena lebih ramah lingkungan dari bahan pembersih dan pestisida sintetis lainnya. 

Sinonim Borax
Sodium borate decahydrate, 
Sodium tetraborate decahydrate, 
Sodium biborate, 
Sodium pyroborate .

Butylated hydroxianisole (BHA)/Butylated hydroxytoluene (BHT)- ” adalah antioxidan sintetis, diketemukan menjadi penyebab kanker pada manusia, juga menyebabkan hyperactifitiy dan gangguan pada perilaku anak. Selain itu bisa menyebabkan alergi kulit dan mengiritasi mata. http://www.earthtobody.ca
Ceteareths – Berpotensi terkontaminasi oleh zat penyebab kanker.

Color/Pewarna sintetis – FD&C Blue 1 and FD&C Green 3 (termasuk kategori karsinogenik), FD&C Red 33, FD&C Yellow 5, FC&C Yellow 6 (menyebabkan kanker). Pewarna dari Crayon mengandung toxin, Pewarna makanan mengandung paraben sebagai pengawet.

Disodium EDTA – termasuk toxin cytotoxic dan genotoxic, tetapi bukan karcinogenik.b
Distearyldimonium Chloride- Berbahaya untuk lingkungan, juga pada manusia, terutama mata, kulit, paru-paru.

Essential oil -Pemakaian Essential Oil tertentu harus diperhatikan, terutama pada ibu hamil dan anak-anak.

Ethylene/Acrylic Acid Copolymer- Berbahaya pada manusia, termasuk karsinogenik, menyebabkan masalah pada alat reproduksi, perkembangan tubuh, jaringan saraf.

Farnesol – menyebabkan iritasi kulit.
Fragrance (parfum/pengharum)- “Phthalates, terbukti menyebabkan cacat lahir, masalah reproduksi, mengiritasi kulit, sakit kepala, pusing, mual, masalah pernafasan. Pilihan pengharus paling baik adalah yang berasal dari essential oil dan rempah-rempah alami. Banyak laporan kesehatan yang ada kaitannya dengan parfum bisa Anda baca diwww.health-report.co.uk.

Glyceryl Oleate- berbahaya pada manusia, mengandung karsinogenik, penyebab masalah reproduktif, neurotoxic, termasuk berbahaya bagi lingkungan (terutama air).

Glycols – Propylene glycol ada yang mengkategorikan aman, ada yang tidak aman. Yang pasti kami tidak memakainya. Berbagai jenis Glycols diantaranya: propylene glycol; glycerin;ethylene glycol;carbitol; diethylene glycol. Beberapa jenis glycol menyebabkan masalah reproduksi, cacat lahir, kerusakan ginjal, kelainan pada liver. Hindari glycol yang mengandung methyl diantaranya : EGPE, EGME, EGEE, DEGBE, PGME, DPGME.

Lanolin – bahan satu ini sebenarnya alami, karena berasal dari hewan domba. Tetapi kimia yang digunakan untuk menghasilkan dan memproses lanolin ada yang berbahaya ada yang tidak, untuk lanolin, sebaiknya sama seperti glyserin, pastikan dari ternak organik atau diproses secara tradisional.

Laureths- hampir selalu mengandung karsinogenik. nama lainnya 1,4-dioxane and ethylene oxide.
Methylisothiazolinone dan Methylchloroisothiazolinone – digunakan sebagai antimicroba yang menyebabkan iritasi pada kulit. Juga berpotensi membahayakan kerusakan jaringan otak pada manusia
Natural Preservatives (pengawet alami) – harus digunakan dengan komposisi/jumlah yang tepat, karena bisa mengiritasi kulit.

Nuts Oil (minyak dari kacang) hati-hati untuk yang alergi dengan kacang-kacangan, terutama tidak untuk bayi.

Oxybenzone- Biasanya terdapat pada produk sunscreen. termasuk photo carcinogen.

Petro-products (turunan minyak bumi)-”seperti mineral oil, petrolatum and ceresin (wax) (bVaseline, petroleum jelly, or paraffin jelly). Semua berasal dari turunan minyak bumi (sumber yang tidak bisa diperbaharui). Efek sampingnya menutupi pori-pori kulit, penuaan dini, dll.

Polyacrylamide – Bahan satu ini termasuk sangat berbahaya, mungkin termasuk karsinogenik, mengiritasi kulit dan sistem pernapasan. Membahayana lingkungan termasuk udara, air dan tanah. Membahayakan hewan darat dan air.

Polyethylene- (PEG) – termasuk turunan minyak bumi, menyebabkan penuaan dini.

Preservatives (pengawet) – “Parabens termasuk (methylparaben, ethylparaben, propylparaben, butylparaben, isobutylparaben, isopropylparaben, and benzylparaben). Menyebabkan iritasi kulit dan diklasifikasikan sebagai kimia berbahaya. Sampai saat ini masih banyak perdebatan tentang hubungan paraben terhadap kanker payudara. Paraben termasuk estrogen lemah. Tetapi seperti Anda tahu, terlalu banyak zat estrogen terutama pada wanita menyebabkan kanker, masalah pertumbuhan dan puber dini (pada laki-laki, menjadi lebih feminin dan muncul payudara yg lebih besar dari laki-laki normal).

Iodopropynyl Butylcarbamate- berbahaya terhadap proses reproduksi, perkembangan fetus, neurotoxic, liver, pencernaan,. Sebaiknya bahan formaldehyde selalu dihindari (termasuk carcinogenic oleh EPA). bahan yang mengandung formaldehyde: bronopol (2-brono-2-nitropropane-1,3-diol);diazolidinyl urea;DMDM hydantion;imidazolidinyl urea;quaternium 15.” Pengawet berbahaya lainnya adalah Sodium Hydroxymethylglycinate Imidazolidinyl urea and DM hydantoine (Germall Plus, Germall II and Germal 115) Glucono Delta-Lactone, Sodium Benzoate and Calcium Gluconate. ” Beberapa dari pengawet diatas adalah hasil modifikasi dari produk alami, yang efek sampingnya mulai dari yang hanya mengiritasi hingga karsinogenik.

Phenoxyethanol ada hubungannya dengan kanker, kerusakan organ, sistem saraf, dll. Bahan ini juga termasuk dalam pengawet Opthiphen Plus yang dikategorikan aman.

Saccharomyces/Zinc Ferment and Saccharomyces/Magnesium Ferment – masih diperdebatkan efek terhadap penuaan dini dan iritasi kulit.

Silicone derived emollients – “mengiritasi kulit, diduga sebagai penyebab tumor, terakumulasi pada liver. Tidak baik untuk lingkungan “non-biodegradable” Nama lain yang bisa Anda temukan diantaranya: Dimethicone, Dimethicone Copolyol, Dimethiconol, Cyclomethicone, dll.

Sodium Hydroxide – “biasanya digunakan sebagai alkali, pembersih, pasta gigi, cream. Menyebabkan kerusakan paru-paru, meningkatkan resiko terkena kanker tenggorokan.

Benzophenones (benzophenone-3, homosalate, dan octy-methoxycinnamate (octinoxate) termasuk estrogenic. Biasa diketemukan di produk sunscreen/lotion/balm yg mengandung SPF.

Padimate-O and Parsol 1789 merupakan zat kimia yang berpotensi mengubah dan merusak DNA ketika terpapar matahari.

Talc – Biasanya umum digunakan pada bedak bayi, deodoran dan produk antiperspirant. Penggunaan jangka panjang bisa mengakitabkan berbagai macam dampak negatif. Talc dikategorika sebagai karsinogenik (karena biasanya mengandung asbestos). Meskipun talk bukan asbestos, tapi mineral ini diambil dari tempat yang sama dengan mineral asbestos. Partikel talc juga diketemukan pada pasient tumur wanita yang menggunakan talc dalam jangka panjang.

Triethanolamine – mengiritasi kulit, mata, saluran pernapasan, mengakibatkan asma, ada hubungan dengan karsinogenik, dll.

Masih ada ratusan bahan yang belum saya tuangkan disini. InshaAllah sedang kami buat Green Mommy Handbook untuk Anda wanita Indonesia (jangan lupa segera jadi member Green Mommy Network ya, biar bisa dapat Handbook gratisnya ^_^)

Semoga tulisan ini bermanfaat, seiring waktu akan saya lengkapi agar menjadi lebih bermanfaat. Tujuan saya menulis adalah untuk melindungi diri kita terutama anak cucu kita. Semua bahan-bahan diatas adalah penemuan modern tidak seperti rempah-rempah, tanaman yang digunakan oleh nenek moyang kita yang khasiat dan keamanannya sudah terbukti ribuan tahun. Kita tidak tahu dengan pasti apa yang akan terjadi puluhan tahun dari sekarang akibat penggunaan bahan-bahan diatas. Tetapi teknologi modern juga memberikan kita alat untuk meneliti efek samping meski akan memakan waktu lama. Akhirnya semua pilihan kembali kepada Anda. Jadilah konsumen yang pintar dan bijaksana.

Lots of Love for my dearest female friends
Deasi

About these ads

66 thoughts on “Daftar Bahan Berbahaya Pada Kosmetik dan Produk Perawatan Tubuh

  1. Saya sangat terkejut begitu membaca artikel anda ( Daftar Bahan Berbahaya Pada Kosmetik & produk Perawatan Tubuh ) Karena selama ini saya memakai produk kosmetik dan perawatan tubuh yg ternyata banyak mengandung bahan yg menyebabkan kanker dan tumor serta penyakit kulit lainya , seperti iritasi dan alergi. 3 hari yg lalu saya memakai produk perawatan wajah ,Day Lotion :Slogan produk yg tertera seperti ini : INTENSIVE MELEMBABKAN , ANTI PENUAAN DINI ,& SPF 15 untuk kulit bersinar dengan hasil yg rata . ( merek ternama ) ma’af nama produk tidak saya sebutkan, 2 hari setelah pemakaian, kulit muka serasa panas dan timbul ruam- ruam merah , kulit muka serasa tebal dan gatal. Ternyata setelah saya baca kembali komposisi yg terkandung di produk yang saya pakai , ternyata ada beberapa bahan yg menyebabkan iritasi kulit,dan penyakit berbahaya lainya .
    (PEG,ButylMethoxydibenzoylmethane,Dimethicone,Sodium Benzoate,& masih banyak bahan lain yg terkandung dalam satu wadah Cream .
    Yang mengejutkan saya, ada beberapa produk Kosmetik yg menggunakan bahan berbahaya bagi perkembangan fetus ( janin ) ,Yang tidak saya pahami , mengapa semua bahan -bahan yg berbahaya boleh di gunakan dlm produk kecantikan dan perawatan ..walaupun kandungan bahan yg di gunakan sngt kecil. tapi bila di gunakan dalam jangka panjang zat berbahaya akan terserap dalam tubuh dan menyebabkan berbagai penyakit .saya pribadi ,sangat menyayangkan bila consumen produk kecantikan tidak sadar akan bahayanya produk yg di gunakan .Mohon saran dan info selanjutnya utk Nama bahan -bahan yg berbaya yg di gunakan dalam produk kosmetik dan perawatan …karena ini sangat membantu saya untuk lebih teliti untuk menggunakan sebuah produk kosmetik dan perawatan….Salam sejahtera Untuk Mbak Deasi Srihandi ..Artikel ,artikel anda selanjutnya saya tunggu …wassalam

    • bener bangt tuh,, setelah aku baca artikel ini hampir setiap hari aku pakai seperti shampoo, sabun,, kosmetik banyak mengandung bahan-bahan yang disebutkan diatas,, saya sebenarnya masih sangsi apa petroluem jelly itu bahaya atau gak sedangkan banyak juga yang menyarankan petroluem jelly karena memiliki segudang manfaat (Katanya) jadi yang baca artikel ini please kasih penjelasan terperinci mengenai manfaat dan bahayanya menggunakan petroluem jelly dalam jangka panjang (saya dirumah pake vaseline petroluem jelly),, trimss

      • mudah2an bisa kami buat dalam waktu dekat, soalnya masih ngantri pembuatan artikelnya mbak Aini, krn harus ada pendukungnya, kami bikin artikel by research dulu :-) makasih dah singgah, jangan lupa kasih tau teman2 lainnya ya..

  2. Assalamu’alaikum..
    menurut pengalaman anda produk kosmetik apa yg gk mengandung bhan bhan berbahaya (produk di indonesia) ?

    • walaikumsalam, untuk amannya kami 100% tidak menggunakan bahan sintetis kimia dan minyak bumi termasuk turunannya dalam semua produk kami dan kami tidak menyarankan produk selain produksi kami juga untuk menggunakan bahan diatas

  3. maka dari itu harus lebih teliti dalam menggunakan produk kosmetik,, adapun bahan itu tercantum dalam kosmetik yang kita pakai, kita mesti lht dari BPOM nya,, jika tak ada lebel ersebut..itu patut dpertanyakan… malah sebaiknya dihindari, tapi kalau ada izin dari BPOM dan cocok untuk jenis kulit kita ga ada masalah boleh dipakai….

  4. ituu bahannya yang ada di kosmetik yg aku pakai semua .. tapi aku ngrasa nyaman ajja tuhh ,, appa semua itu tergantung kulitnya ??

  5. Kaget. Saat aku cek produk cussons baby cream mild and gentle. Berbagai turunan paraben terkandung di dalamnya. Padahal selama hamil aku PD pake produk bayi dgn harapan pasti aman u pelembab wajah dan tubuh. Duh. Mg2 bayi ku terlindungi. Lgsung stop pemakaian deh critanya.

  6. Assalamualaikum wr wb….
    Saya sih waktu baca artikel ini tidak seberapa terkejut……karena saya sudah tahu sebelumnya beberapa bahan kimia di atas yg ber bahaya….yg membuat saya terkejut tentara sodium hydroxid berbahaya juga….weleh2……

    Tapi saya sangat bersyukur kepada allah….bahwa masih ada hama allah yg

  7. Astagfirullah afwan mba…lagi nulis tiba2 henk ini hp….
    Maksud saya masih ada hamba allah yg ber hati mulia seperti mba deasi…dan memiliki kemampuan yg super hebat menciptakan produk yg sehat tiada dua nya di indonesia

    Wassalam…..

    Semoga usaha mba deasi di diridhai allah azza wajalla dan ber jalan dengan lancar sampai hari akhir…..Aaamin….ya rabb…..

    Saya mendukung banget mba..dan insyaALLAH akan saya bantu perjuangan nya….supaya umat islam banyak yg selamat dari teror bahan kimia….dan dari pembunuhan massal secara perlahan tapi pasti….
    Aaamin…..

    Wassalam…udah 2 x yahehehe.ini yg terakhir deh….wassalam…

  8. terus kosmetik yg aman untuk kulit apa dong,,,,,,krn kebanyakn kosmetik sekarang banyak memakai bahan kimia walapupun sudah ada ijin BPOMnya

  9. assalamualaikum
    terimakasih atas info nya, kalau boleh nanya , kan bahan -bahan tersebut berbahaya nih ,,, tapi yang berada di pasaran begitu adanya , dan badan pemerintah pun meluluskan barang” tersebut dan sudah menetapkan aman .. jadi kita sebagai konsumen harus bagaimana?
    trimakasih

  10. terimakasih ,artikel anda sangat bermanfaat bg wanita Indonesia agar lebih bijak.
    btw , bgmn dgn produk rumah tangga ,spt sabun cuci baju n piring , cairan pel ,bahan pembalut wanita (yg baru saya sadari tidak pernah disebut terbuat dr bahan apa) n bahan2 yg terdapat di rumah. apakah ada artikel yg bisa kami baca u/ tau lbh jauh? sekali lagi terima kasih

    • mbak Helny, wah..sapa pernah ngulas juga ttg masalah ini…tapi kayaknya dah dihilangkan, krn sudah terlalu banyak, bloqnya jadi berat, i’ll try to write up again :-) main yuk ke fanpage kami juga, greenmommynetwork, i post pemikiran saya setiap hari disana :-)

  11. kalau sudah terlanjur banyak menggunakan kosmetik berbahan2 tsb bagaimana mbak? kalau ingin seleksi, berarti jadi susah menemukan yg bener2 aman dong ya…

    trims infonya

    • Detox MBA desi supaya racun dalam tubuh bisa keluar
      Walaupun daya tahan tubuh kuat untuk bahan bahan terse but diatas saya masih tetap pilih kosmetika herbal karena saya pingin awet muda,sehat, dijemput ajal bukan karena penyakit karena pemakai an bahan bahan kimia
      Walaupun kosmetika herbal tdk sekali oles langsung cling tetap saya menyukainya
      Tapi Kadar atau dosis pemakai an bahan herbal juga Harus diperhatikan karena tubuh juga tidak bisa over dosis terhadap zat zat yg terkandung dalam herbal

  12. ya ampun, ternyata produk saya dimulai dari samphoo, sabun mandi, skin care, kosmetik2 saya dari berbagai macam merek itu semua mengandung bahan yang berbahaya.. bahkan kosmetik yang baru saya beli kemarin pun yang kata di iklannya “HALAL” juga memakai bahan itu trs,, hampir semuanya ada di ingredients :”(
    menyesal bgt kenapa saya baru baca tulisan ini sekarang hiks hiks hiks
    sepertinya produk kecantikan dan skin care yg beredar luas di indonesia sudah tidak ada yg aman.
    jadi bingung harus pakai apa ya?? HELP :”(

  13. yah ternyata jualan juga akhirnya….kalau mau adil…tampilkan hasil GCMS produk green mommy misalnya bedak rainforest, nanti kita lihat sama-sama apakah di dalam produk tersebut sama sekali tidak ada bahan-bahan yang disebutkan di atas, karena sejatinya yang namanya produk untuk masal pasti ada bahan tambahannya nah…dengan analisis GCMS akan terlihat bahan apa saja yang ada di dalam produk tersebut….ok ditunggu hasilnya

    • terima kasih atas commentnya. Kami tidak memproduksi masal :-) alhamdulillah..dan produk kami memiliki masa kadaluarsa yang sangat pendek untuk tujuan agar tidak berkompromi dengan penggunaan produk berbahan kimia sintetis yang tidak sehat dan hal ini bisa dilakukan. Bapak bisa ikutan program BGM agar mengetahui resep dapur kami :-) seperti banyak wanita Indonesia lainnya yang ikutan membuat produk green mommy dirumahnya masing-masing dan sudah membuktikan bahwa produk kami memang alami :-) saya tunggu bergabungnya pak :-)

  14. Yah semua kosmetik kan emang pake semua bahan di atas,meskipun ga semua bahan yg disebutkan,paling tidak ada salah satu dari bahan di atas. Semua tergantung komposisinya aja,semua zat itu berbahaya kalau tidak digunakan dg semestinya, dan pasti negara kita ini yg memiliki BPOM jg punya standardisasi untuk penggunaan bahan bahan di atas.Jadi merk2 yg sudah terdaftar pasti sudah melalui proses seleksi.Apabila ada org yg timbul reaksi buruk setelah menggunakan produk2 tersebut,berarti memang tubuhnya tidak menerima atau alergi dg salah satu bahan yg dikandung.Simpel saja,nasi itu makanan yg bagus,tp jg tidak sedikit loh orang yg alergi nasi, so be carefull

    • Itu benar, tapi yang kurang benar, bahan sintetis kimia atau yang tidak ada di diet manusia sejak keberadaan manusia, adalah bahasa asing dalam tubuh kita, yang dampaknya God knows..tapi secara ilmiah juga sudah sering dibuktikan bahwa paparan hal-hal yang tidak alami secara terus menerus berdampak negatif terhadap tidak saja kesehatan, tetapi bumi secara keseluruhan. Alergi nasi, ngk seharusnya manusia makan nasinya banyak, seperti orang Asia. Bagusnya seimbang semua sumber nutrisi yg dibutuhkan tubuh. Yes Be Careful semua teman-teman dan ingatkan pemerintah kita juga agar cepat bertindak, follow up perkembangan bahan yang berbahaya pada manusia dan alam :-)

  15. Mba klo q mw beli produk rainforest dmn! Amankah smw produknya untuk ibu hamil dan menyusui.mksih

    • silahkan beli di Distributor terdekat di kota Anda jika ada, atau bisa beli ke GMS pusat via email greenmommyshop@gmail.com. Semua produk inshaAllah aman tuk bumil dan busui (saya busui juga) tapi setiap orang sensitifitasnya berbeda. Jadi kudu try and error, bisa hubungi kami untuk detailnya, pasti kami bantu.

  16. Begitu banyak bahan berbahaya disekeliling kita.Namun sangat sulit untuk menyadarkan masyarakat pada umumnya,mengingat tidak adanya pelarangan dari dinas kesehatan yg seharusnya memperhatikan masalah ini…

    • Terima kasih sudah mampir sis :-)
      Pemerintah memang harus berperan aktif, tapi kita sebagai masyarakat punya peran yang paling kuat, karena permintaan adalah dari kita. Bagusnya, kita peduli satu sama lain, menjadi saling dekat untuk share dengan teman, tetangga tentang hal2 seperti ini. Pemerintah pasti mau mendengarkan suara kita jika suaranya banyak :-)

  17. mom deasi, mau nanya, aku prnh baca kl ammonium lauryl sulfate itu adalah produk turunan minyak kelapa. benar begitu? kalau iya, knp jd berbahaya yah? dan, apakah itu berarti produk yang berasal dari minyak kelapa juga berbahaya? trims infonya :)

  18. Aduduuuh makasih banget ya :’( Ga nyangka, kalo produk ol*y yg tenar seperti itu mengandung bahan” berbahaya! Bahkan setengah lebih dari ingredientsnya itu berbahaya semuaaa *nangis untung kotak ingredientsnya belum aku buang…

    • tidak berlaku untuk semua orang, karena sensitifitas setiap orang itu berbeda. Tapi namanya toxic, adanya ditubuh kita seperti bom waktu, yg bisa meledak kapan saja. Better safe than sorry sis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s